Foto: vebma.com

10 Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan


Ceknricek.com - Alpukat terbilang populer, khususnya untuk mereka yang menjalani program diet. Dilansir Bicycling belum lama ini, alpukat memiliki kandungan lebih dari 25 nutrisi penting, termasuk vitamin A, B, C, E, dan K, copper, zat besi, phosporus, magnesium, kalium, juga serat bermanfaat, protein seperti “beta-sitosterol”, “glutathione” dan “lutein”, yang berkhasiat membantu melindungi terhadap berbagai penyakit. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 manfaat alpukat:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Alpukat mengandung “vitamin B6” dan “asam folat”, yang membantu mengatur kadar homocysteine. Tingkat homocysteine tinggi dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung. Selain itu, buah alpukat juga mengandung “vitamin E”, “Glutathione” dan “lemak tak jenuh tunggal” yang bermanfaat membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

2. Menurunkan Kolesterol

Alpukat kaya akan “senyawa” yang disebut “beta-sitosterol” yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Menurut sebuah penelitian, pasien dengan “hiperkolesterolemia” ringan yang termasuk alpukat dalam diet mereka selama 7 hari memiliki 17 persen penurunan kadar kolesterol darah total, 22 persen penurunan di kedua “LDL” (kolesterol buruk) dan “trigliserida”, dan peningkatan 11 persen dalam tingkat “HDL” (kolesterol baik).

3. Mengontrol Tekanan Darah

Alpukat juga merupakan sumber “kalium”, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah.

4. Anti-Inflammatory (sifat inflamasi)

Senyawa “Phytonutrient” yang ditemukan dalam alpukat, seperti “polyphenols” dan “flavonoids” telah ditemukan memiliki sifat “anti-inflamasi”, sehingga mengurangi risiko gangguan “inflamasi” dan “degenerative”.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Alpukat merupakan sumber yang sangat baik dari “carotenoid lutein”, yang dikenal untuk membantu melindungi terhadap usia terkait “macular degeneration” dan katarak.

6. Mengatur Kadar Gula Darah

Lemak baik tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat membalikkan “resistensi insulin”, yang membantu mengatur kadar gula darah. Alpukat juga mengandung lebih banyak serat larut, yang menjaga kadar gula darah stabil.

7. Mencegah Cacat Lahir

Alpukat kaya akan “folat”, “vitamin B” dikenal sebagai “folic acid”. Satu cangkir alpukat menyediakan sekitar 23% dari Nilai Harian untuk folat. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti kerusakan saraf dan “spina bifida”.

8. Mengurangi Risiko Stroke

Tingginya tingkat “folat” dalam alpukat juga melindungi terhadap stroke. Sebuah penelitian telah membuktikan orang yang makan diet kaya folat memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak.

9. Melindungi Dari Kanker

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menghambat pertumbuhan “kanker prostat”. “Asam oleat” dalam alpukat juga efektif dalam mencegah kanker payudara.

10. Melawan Radikal Bebas

Alpukat mengandung “glutation”, sebuah “antioksidan” kuat untuk membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.



Berita Terkait