foto : foodrevolution.orgc

10 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Kecantikan 

Ceknricek.com – Jahe termasuk bumbu dapur yang sangat bermanfaat dan bisa digunakan sebagai obat-obatan. Selain digunakan untuk mengatasi mual dan muntah, jahe juga bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung, sembelit hingga asam lambung akibat stres.

Kira-kira apalagi ya manfaat jahe lainnya? Berikut 10 manfaat jahe yang dikutip dari berbagai sumber.

Menyembuhkan migrain

Jahe dapat menyembuhkan migrain tanpa efek samping. Khasiat ini dibuktikan dalam uji klinis dari 100 pasien migrain diberi obat mengandung bubuk jahe.

Mengontol kadar gula darah

Banyak penelitian yang menunjukkan jahe memiliki efek untuk mengontrol kadar gula darah. Jahe diklaim bisa melindungi kadar gula khususnya bagi penderita diabetes.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jahe diyakini mampu meningkatkan imunitas untuk menangkal berbagai penyakit.

Menyembuhkan alergi

Jahe bermanfaat untuk menyembuhkan alergi seperti gatal di kulit yang cukup mengganggu.

Melegakan tenggorokan

Jahe memberikan efek hangat di tenggorokan, khususnya bila tenggorokan gatal karena penyakit pernapasan.

Mencegah kanker usus

Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, mereka yang rajin mengonsumsi jahe memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker usus.

Mencegah jerawat

Selain untuk kesehatan, manfaat jahe lainnya adalah untuk kecantikan. Jahe mengandung zat antiseptik dan anti oksidan yang dapat melawan bakteri dan mencegah efek buruk radikal bebas penyebab timbulnya jerawat.

Mencegah penuaan

Jahe sudah sejak lama dikenal dalam pengobatan Ayurveda dan Cina sebagai agen anti penuaan dini.

"Kandungan zat antioksidan di dalam jahe akan meningkatkan produksi kolagen, meminimalkan terjadinya kerusakan kulit, dan mencegah peradangan," tulis penelitian seeperti dikutip dari Reader's Digest.

Membakar timbunan lemak

Jahe merupakan penguat metabolisme tubuh, pembakar kalori, dan membantu dalam meningkatkan rasa kenyang.

Dalam penelitian di Institute for Human Nutrition di Columbia University, orang yang rajin mengonsumsi minuman panas dengan kandungan jahe lebih mudah mengalami rasa kenyang dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Mencegah selulit

Jahe akan meningkatkan sirkulasi dan regenerasi sel kulit yang pada gilirannya membantu dalam melawan selulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa membuat parutan jahe, minyak zaitun, dan menggunakan perasan jeruk nipis.

Gosokkan di kulit dengan gerakan memutar. Setelah kering, bilas dengan air dingin.



Berita Terkait