Foto: dawn.com

3 Dampak Buruk Pada Kesehatan Akibat Polusi Udara

Ceknricek.com -- Bencana kebakaran hutan kembali melanda sebagian wilayah Indonesia. Kondisi itu menyebabkan timbulnya kabut asap tebal yang akan berdampak kepada kesehatan masyarakat.

Dilansir Healthline, setidaknya ada tiga masalah pernapasan yang akan dialami seseorang ketika terpapar polusi udara dalam rentang waktu tertentu.

Batuk dan Iritasi Tenggorokan

Hal ini bisa terjadi karena kadar ozon yang tinggi dapat menyebabkan iritasi dalam sistem pernapasan. Gejala batuk-batuk dan perih di tenggorokan akan dirasakan beberapa jam setelah seseorang terpapar kabut asap.

Baca Juga: Mewaspadai Penyakit Silikosis Akibat Debu Vulkanik Letusan Gunung Api

Memburuknya Gejala Asma

Kabut asap buruk bagi kesehatan setiap orang apalagi bagi para penderita asma. Studi yang dipublikasikan oleh Asthma and Allergy Foundation of America (AAFA) menunjukkan, sekitar 40 persen penderita asma akan mengalami serangan asma akut lebih banyak pada lingkungan berpolusi tinggi daripada lingkungan dengan polusi rata-rata.

Kerusakan Paru-paru

Kabut asap dapat menyebabkan kerusakan paru-paru. Gejalanya dapat berupa kesulitan bernapas dan nyeri pada dada. Kerusakan paru-paru dalam jangka panjang bahkan dapat menimbulkan beberapa penyakit kronis seperti TBC, pneumonia, bahkan kanker paru-paru.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait