3 Manfaat Masker Kunyit Untuk Permasalahan Kulit Wajah | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: doktersehat.com

3 Manfaat Masker Kunyit Untuk Permasalahan Kulit Wajah

Ceknricek.com -- Kesehatan dan kecantikan kulit wajah menjadi hal yang sangat penting bagi semua perempuan. Perawatan dilakukan mulai dari minum suplemen, penggunaan produk skincare, hingga perawatan ke klinik kecantikan.

Pemakaian masker juga menjadi rutinitas yang sering dilakukan kaum hawa. Ada banyak pilihan masker yang bisa digunakan, dari yang dijual di pasaran hingga yang menggunakan bahan alami, salah satunya tanaman rempah seperti kunyit. Kunyit memiliki segudang manfaat untuk wajah. Berikut rangkuman manfaat dan cara membuat masker kunyit untuk masker wajah. 

Noda hitam 

Warna kulit tidak rata disebabkan karena pencemaran lingkungan, sinar matahari, dan hormon. Seiring bertambahnya usia noda-noda kegelapan atau hitam bermunculan. Pigmentasi atau nama lain dari hyperpigmentasi menjadi salah satu masalah kulit di mana bercak gelap muncul di sebagian daerah kulit. Pigmentasi kulit membuat sebagian besar wanita khawatir akan kemunculannya.

Caranya, campurkan kunyit bubuk dengan satu sendok tomat yang sudah dihaluskan, satu sendok air perasan lemon, teh hijau hangat, dan gula pasir yang berguna sebagai eksfoliator. Aplikasikan pada wajah sambil dipijat perlahan, diamkan selama 15 menit lalu bilas. Lakukan perawatan ini selama 2 hingga 3 kali seminggu.

Kulit berjerawat

Kunyit termasuk salah satu bahan alami yang cukup dipercaya mengatasi masalah kulit berjerawat. Kandungan kurkumin sebagai zat antiradangnya diyakini berperan penting dalam mengusir jerawat. Kunyit bersifat antiinflamasi dan antiseptik, sehingga bagus untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat. 

Baca Juga: Kenali Bedanya Masker Peel Off, Sheet Mask, dan Sleeping Mask

Caranya, gunakan kunyit yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan pisang telah dihaluskan juga. Bersihkan wajah kemudian aplikasikan dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kunyit mampu dengan cepat meredakan jerawat dan membersihkan pori-pori wajah. Sedangkan pisang mampu menenangkan iritasi pada wajah.

Menyamarkan tanda penuaan dini

Selain noda hitam tanda penuaan dini di wajah seperti pori-pori besar, garis-garis halus dan wajah terasa kasar, bisa diatasi dengan  masker kunyit. Kunyit berperan sebagai antioksidan yang sangat baik, dan mampu menyamarkan tanda-tanda penuaan dini. 

Caranya, campurkan satu sendok bubuk kunyit, dengan beberapa butir anggur yang telah dihaluskan, satu sendok makan teh hitam, dan air mawar (bisa Anda dapatkan di supermarket). Aplikasikan ke wajah, dan hindari pemakaian di daerah sekitar mata.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait