Sumber Foto: Teropong Bisnis

5 Cara Mengatasi Ketakutan Untuk Memulai Bisnis

Cekricek.com – Membangun sebuah bisnis memerlukan banyaknya persiapan dalam diri baik secara material ataupun mental. Terlebih kita belum pernah memulai bisnis sebelumnya.

Perasaan takut akan kegagalan nampaknya akan terus berada dalam pikiran kita. Ketakutan ini sebenarna merupakan hal yang wajar, hanya saja kita perlu mencari cara bagaimana untuk bisa keluar dari rasa ketakutan tersebut sehingga kita bisa mendapatkan sebuah keyakinan untuk menghadapinya.

Berikut beberapa tips untuk membantu dalam mengatasi rasa ketakutan tersebut sehingga bisa menghadapi hal tersebut, berikut ulasannya!

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri yang tinggi merupakan salah satu kunci untuk berhasil keluar dari zona ketakutan tersebut, bukan berarti tidak menerima masukan dari orang lain. Sejatinya rasa percaya diri harus sudah tertanam dalam diri kita jika ingin memulai sebuah bisnis.

Satu hal yang harus diperhatikan. Tanamkan sugesti positif akan keberhasilan dengan bisnis yang dijalankan. Selain itu tingkatkan pengetahuan serta pengalaman untuk memperbaiki kualitas diri kita.

Fokus

Fokuskan pemikiran terhadap apa yang ingin kita kembangkan, jangan sampai fokus kita terganggu oleh hal-hal yang sekiranya tidak penting untuk pengembangan bisnis kita. Fokuskan pikiran kita akan keberhasilan kita dalam membangun usaha, awali dengan perancangan yang matang, kemudian mulai perjalanan bisnis dengan kemampuan yang kita punya. 

Berani Ambil Risiko

Berwirausaha memiliki peluang kegagalan yang cukup besar, hal ini menandakan kegagalan merupakan hal yang sewaktu-waktu mungkin saja bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Seorang milyarder dunia pun selalu menanamkan dalam dirinya akan risiko yang akan terjadi kedepanya, tujuan itu di lakukan agar dapat memikirkan hal yang harus ia lakukan kedepanya.

Kuncinya adalah belajar dari kesalahan yang ada, perbaiki kesalah tersebut sehingga dapat meraih keberhasilan. Pahami bahwa kegagalan ini adalah bagian alami dari proses belajar. Tanamkan pola pikir akan keberhasilan dalam diri kita. Memikirkan sebuah kegagalan sama aja anda sedang merancang sebuah kebodohan.

Terima Akan Kritikan 

Kepercayaan diri yang tinggi bukan berarti tidak bisa menerima masukan dari orang lain. Manfaatkan masukan yang diberikan oleh orang lain untuk menjadikannya sebagai pelajaran. Sering-sering lah meminta saran atau pendapat dari orang lain khusunya mereka yang sudah berhasil akan usaha nya. 

Bentuk pola pikir yang positif akan hal-hal yang akan datang kedalam diri kita. Jangan telan mentah-mentah akan masukan yang diberikan, ambil hal –hal yang sekiranya dapat membuat diri kita semakin baik kedepannya, dan tinggalkan hal negatif yang dapat mengganggu konsentrasi dalam hidup kita.

Banyak Belajar Dengan Orang Lain

Siap dalam materi dan mental bukan berarti kita tidak harus belajar lagi, belajar dengan orang-orang yang sekiranya dapat membantu kita dalam pengembangan bisnis serta membantu dalam proses membangun kepercayaan diri dalam berusaha. Mintalah saran dari mereka yang sudah jauh lebih awal mengerti akan proses bisnis yang ia jalani. 

Pelajari setiap hal-hal yang mereka berikan, jangan terlalu bernafsu akan pendapatan yang akan diraih, tetaplah fokus akan peroses perkembangan terlebih dahulu, pahami dan pelajari setiap tahapanya, sehingga dapat mempelajari setiap kesalahan yang ada dan perbaiki setiap kesalahan sehingga dapat menjadikan pembelajaran menuju lebih baik.



Berita Terkait