Foto: massgainsource.com

5 Masalah yang Membuat Perut Buncit Susah Rata

Ceknricek.com -- Meski sudah rutin dan mati-matian olahraga, nyatanya perut buncit tetap tidak mudah dihilangkan. Mungkin masalah ini menjadi salah satu pertanyaan Anda. Lantas apa sebabnya perut tidak bisa rata meski sudah melakukan berbagai macam olahraga? Simak di bawah ini penjelasannya yang dikutip dari Halo Doc, Rabu (22/5). 

Jangan hanya melatih otot perut

Untuk memangkas lemak di perut, cobalah tak hanya fokus pada latihan otot perut saja. Pasalnya, melatih otot hanya pada satu bagian tubuh saja enggak akan efektif. Menurut pelatih kebugaran dan ahli gizi dari Amerika Serikat, latihan otot perut memang akan menguatkan bagian batang tubuh, tapi tak akan mengurangi jumlah lemak di bagian perut. Pada dasarnya, semakin banyak massa otot yang dilatih, maka semakin banyak pula kalori yang dibakar.

Dilanda stres

Perut buncit meski sudah rutin berolahraga bisa disebabkan karena faktor psikologis, yaitu stres. Pasalnya, stres memiliki efek terhadap hormon adrenal yang membuat tubuh menjadi lebih mudah menyimpan kalori ekstra di area perut.

Kadar lemak yang tinggi

Menurut penelitian dari University of California, San Francisco, Amerika Serikat, stres juga bisa membuat wanita lebih berisiko memiliki kadar lemak yang tinggi di area perut. Yang mesti diingat, kondisi ini bisa berlaku meskipun mereka mungkin memiliki berat badan ideal.

Kurang beristirahat

Ternyata istirahat yang cukup juga memiliki peran penting untuk mengikis lemak dalam perut. Kurang tidur bisa menyebabkan meningkatnya hormon kortisol dalam tubuh, hormon inilah yang bisa memicu pertumbuhan lemak perut yang akan semakin menghalangi perut menjadi rata atau sixpack. 

Masalah kesehatan

Penyebab perut tidak rata lainnya mungkin saja disebabkan bukan dari faktor lemak. Dalam dunia medis, perut buncit bisa saja menandai adanya kondisi penyakit tertentu yang membuat perut terus menerus kembung. Contohnya, penyakit celiac, laktosa intoleran, sindrom iritasi usus, dan gangguan pencernaan lainnya.



Berita Terkait