5 Penyebab Sering Mendengkur Saat Tidur | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: forbes.com

5 Penyebab Sering Mendengkur Saat Tidur

Ceknricek.com -- Banyak orang saat tidur tanpa sadar sering mendengkur atau ngorok. Hal ini tentu saja dapat mengganggu kenyamanan tidur orang di dekatnya. Timbulnya suara dengkuran akibat dari saluran pernapasan tersumbat, lalu bergetar saat dilalui oleh aliran udara. Suara dengkuran ini kadang terdengar halus, kadang terdengar keras (parau). 

Kebanyakan yang mendengkur saat tidur adalah orang dewasa dan bisa dipicu oleh banyak hal. Mulai dari kegemukan sampai kebiasaan minum minuman beralkohol secara berlebihan. Mendengkur juga bisa menjadi gejala awal dari penyakit apnea tidur yang disebabkan oleh gangguan kesehatan lain yang cukup serius.

Apa yang membuat mendengkur bisa terjadi? Berikut rangkuman beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mendengkur saat tidur. 

Tidur Telentang 

Posisi tidur telentang salah satu penyebab orang mendengkur yang biasa sering terjadi. Posisi ini dipercaya bisa membuat seseorang mendengkur karena bagian saluran udara di dalam tenggorokan tertekan. 

Berat Badan

Penyebab sering mendengkur saat tidur yang kedua adalah adanya kelebihan berat badan. Jaringan lemak dan massa otot yang cukup buruk bisa menjadi penyebab dengkuran terjadi. Oleh karena itu, Anda harus rutin berolahraga untuk dapat menurunkan berat badan.

Gangguan Pernapasan

Gangguan pernapasan mencakup flu, alergi, debu dan asma bisa menyebabkan dengkuran saat tidur terjadi. Hal ini disebabkan karena adanya lapisan di dalam hidung dan tenggorokan yang mempengaruhi proses bernapas saat tidur di malam hari. 

Baca Juga: 4 Cara Mudah Untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

Usia

Penyebab sering mendengkur saat tidur lainya karena faktor usia. Ketika Anda sudah tidak muda lagi cenderung akan mengalami dengkuran lebih sering. Dengan bertambahnya usia, maka akan membuat tenggorokan menjadi lebih sempit dan kekencangan otot pada tenggorokan juga bisa ikut menurun. 

Perokok Aktif

Tahukah Anda, merokok merupakan salah satu penyebab sering mendengkur ketika

tidur. Dengan merokok akan mengakibatkan lapisan rongga hidung dan tenggorokan menjadi bengkak, sehingga menyebabkan radang pada selaput lendir. Inilah yang membuat hidung kesulitan bernapas dan menghasilkan dengkuran saat tidur. 

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait