Foto: Istimewa

7 Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan Kulit 

Ceknricek.com -- Buah naga alias dragon fruit ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Jadi, jika Anda penggemar perawatan kecantikan dengan menggunakan bahan-bahan alami, tak ada salahnya mencoba memanfaatkan buah yang satu ini. 

Berikut beberapa manfaat buah naga untuk kecantikan.

1. Menyehatkan Kulit dari Dalam

Mengonsumsi buah naga secara rutin bisa membuat kulit Anda sehat dari dalam. Ini karena kandungan antioksidan dalam buah ini yang tinggi. Ditambah lagi dengan kandungan vitamin C-nya yang dapat membuat kulit Anda jadi tampak semakin segar.

2. Melembabkan Kulit

Selain kaya akan vitamin C, buah naga juga memiliki kadar air setinggi 90% persen. Karena itu, buah naga dapat menjaga kelembapan kulit dengan menambahkan water content ke dalam tubuh Anda.

Baca Juga: Kacang Hijau Turunkan Risiko Penyakit Jantung

3. Mencegah Penuaan Dini

Buah naga merupakan sumber antioksidan baik yang dapat menghalau radikal bebas. Ingin kulit yang tampak halus dan lebih awet muda? 

Anda juga bisa membuat dragon fruit face pack sendiri di rumah lho. Caranya, dengan mencampur 1/2 potongan buah naga yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan yoghurt hingga sampai rata. Aplikasikan ke wajah Anda, lalu biarkan selama 20 menit sebelum membilas. Gunakan face mask tersebut seminggu sekali, dan hasilnya bisa Anda lihat setelah dua bulan.

buah naga
Buah Naga. Sumber: Erabaru

4. Mengobati Jerawat

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga juga dapat membantu meredakan jerawat. Haluskan saja 1/4 potongan buah naga, kemudian gunakan kapas untuk mengoleskannya di atas jerawat. Biarkan selama 20 menit sebelum dibilas. Ulang proses tersebut sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit yang bebas jerawat.

5. Meredakan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Tak usah khawatir jika kulit Anda terbakar sinar matahari akibat lupa menggunakan sunscreen. Anda dapat menggunakan buah naga sebagai krim untuk mengobati kulit yang terbakar, karena kombinasi vitamin E dan C yang terkandung di dalam buah naga dapat melindungi kulit dari sinar UV dan meredakan inflamasi. Caranya dengan mencampur 1/4 potongan buah naga yang sudah dihaluskan dengan 1 kapsul vitamin E sehingga menjadi krim kental. Oleskan krim tersebut di atas kulit Anda yang “gosong” dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas. 

6. Menghaluskan Kulit Wajah

Buah Naga. Sumber: costmart

Kulit yang kasar bisa disebabkan karena adanya penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan wajah. Buah naga mengandung vitamin C, protein, dan asam folat yang dipercaya sangat efektif untuk menghalau sel-sel kulit mati tersebut. Cukup haluskan saja buah naga secukupnya, kemudian gunakan sebagai scrub pada kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda bisa menambahkan air jeruk nipis atau lemon secukupnya, sebab kandungan vitamin C pada jeruk nipis atau lemon jauh lebih tinggi dan sangat efektif untuk mengelupas sel-sel kulit mati tersebut.

Baca Juga: 4 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Kulit

7. Melindungi dari Sinar Ultraviolet

Kini Anda tak perlu lagi takut untuk berjemur di bawah sinar matahari. Ini karena buah naga bisa melindungi kulit Anda dari paparan sinar ultraviolet. Buah naga memiliki kandungan phytoene dan phytofluence yang bisa menyerap sinar ultraviolet. Dua kandungan tersebut juga bermanfaat untuk membuat kulit jadi sehat. 

Caranya, peras air buah naga merah secukupnya, lalu oleskan ke seluruh bagian kulit Anda yang akan “dijemur” di bawah sinar matahari. Diamkan selama 30 menit supaya air perasan buah naga tersebut meresap dengan baik ke dalam kulit Anda. Setelah itu, bersihkan dengan air dingin. Anda bisa melakukan perawatan ini dua minggu sekali. 

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait