Foto: Ashar/Ceknricek.com

Akun Twitter Rocky Gerung Diretas, Akun Imitasi Bergentayangan

Ceknricek.com -- Pengamat politik Rocky Gerung mengalami nasib apes. Pada Kamis (17/10) malam, akun Twitternya atas nama @rockygerung diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal itu dikonfirmasi Rocky dalam video yang diunggah Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Rachland Nashidik.

“Hai netizen selamat malam, sekedar breaking news, bahwa akun Twitter saya dicuri si dungu, terima kasih,” kata Rocky Gerung dalam video yang diunggah @RachlanNashidik, Kamis (17/10) pukul 23.44 WIB.

Sumber: Twitter @RachlanNashidik

Sekadar informasi, sebelum diretas akun @rockygerung telah memiliki 1,31 juta pengikut, dengan total cuitan sebanyak 30,4 ribu. Cuitan terakhir Rocky ialah pada Rabu (16/10) pukul 23.31.

“Buset, ngumpul lagi bong di TL gue. Ngapain? Mau reuni sewa kolam yang gedean dong:),” tulis Rocky Gerung. Beberapa menit sebelumnya, Rocky Gerung juga menulis, “Rakyat akal sehat tak perlu dengar istana:),” sambil mengunggah tautan video Youtube, dengan judul Rocky Gerung: Kalau Istana Ngomong, Silahkan Tutup Kuping!

Sumber: Twitter @RachlanNashidik

Tagar #RockyGerungDibungkam pun sempat menjadi trending topic di Twitter, Jumat (18/10). #RockyGerungDibungkam bertahan di jejeran teratas trending topic dari pagi hingga Jumt siang.

Sumber: Twitter @1966Arjuna

Tak lama setelah akunnya diretas, akun baru atas nama @rockygerung_rg tiba-tiba muncul. Pada pukul 11.23, @rockygerung_rg menulis “Gue udah balik. Cebong nggak jadi seneng. :))”. Tak lama setelah dibuat, akun @rockygerung_rg sudah memiliki 4.784 pengikut dan memposting 9 cuitan.

Baca Juga: Rocky Gerung Minta Kubu Jokowi Usir Prabowo

Salah satu sahabat Rocky, Said Didu langsung mengklarifikasi bahwa akun itu bukan milik Rocky Gerung. “Ini akun palsu. Bung Rocky Gerung blm buat akun baru.”

Sebelumnya, pada pertengahan April lau Said Didu juga pernah mengalami nasib serupa dimana akunnya diretas, lalu mengunggah hinaan kepada Ulama asal Riau, Abdul Somad.

Twitter sendiri telah menyiapkan bantuan apabila ada penggunanya yang mengalami peretasan. Seperti yang diakses melalui help.twitter.com, ada dua langkah jika pengguna merasa akunnya telah diretas dan tidak dapat masuk dengan nama pengguna dan kata sandi:

1. Minta pengaturan ulang kata sandi. Atur ulang kata sandi dengan meminta email dari formulir pengaturan ulang kata sandi. Coba masukkan nama pengguna dan alamat email Anda, dan pastikan untuk memeriksa email pengaturan ulang di alamat email yang terkait dengan akun Twitter Anda.

"Jika Anda dapat masuk setelah pengaturan ulang kata sandi, silakan periksa apakah akun telah disalahgunakan dan atur ulang keamanan akun Anda.”

2. Hubungi Bantuan jika Anda masih memerlukan panduan. Jika Anda masih tidak bisa masuk, hubungi kami dengan mengirim Permintaan dukungan. Silakan pilih "Akun yang diretas" dari daftar pilihan. Pastikan untuk menggunakan alamat email yang Anda kaitkan dengan akun Twitter yang diretas; selanjutnya kami akan mengirimkan informasi dan instruksi tambahan ke alamat email tersebut. Sertakan nama pengguna dan tanggal terakhir Anda mengakses akun.

BACA JUGA: Cek Berita TEKNOLOGI & INOVASI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di sini



Berita Terkait