Foto: Antaranews.com

Badai Kammuri Tak Mampu Halau Pesta Gol Timnas ke Gawang Brunei

Ceknricek.com -- Tim nasional sepak bola Indonesia U-22 berpesta gol pada laga keempat babak grup SEA Games Filipina 2019, Selasa (3/12). Menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Binan, Garuda Muda sukses menggunduli Brunei Darussalam 8 gol tanpa balas.

Osvaldo Haay sukses mencetak hat-trick (11', 45+2', 72') diikuti Egy Maulana Vikri yang mencetak brace (40', 80'), dan tiga gol lainnya yang masing-masing dicetak oleh Saddil Ramdani (50'), Witan Sulaeman (68'), dan Andy Setyo (77'). Indonesia benar-benar mengamuk, setelah di partai sebelumnya ditaklukkan Vietnam 1-2.

Padahal dalam laga ini, selain menghadapi Brunei, para pemain juga harus "melawan" alam, setelah pada hari yang sama terjadi Badai Kammuri yang melanda sebagian besar wilayah Filipina. Angin kencang juga terasa hingga Stadion Binan saat Indonesia berpesta gol.

Foto: Antaranews.com

"Angin cukup mengganggu kami. Bahkan tadi dalam pengarahan kami justru menekankan tentang angin kepada pemain, bukan soal mengalahkan Brunei Darussalam," kata pelatih kepala timnas U-22, Indra Sjafri seperti dilansir Antara.

"Hasil tersebut patut disyukuri karena dengan kondisi cuaca seperti itu, kami bisa menang dengan skor 8-0. Alhamdulillah kemenangan ini seperti target yang ditetapkan yaitu menang dengan banyak gol. Itu semua berkat kerja keras pemain," ujar pelatih asal Sumatera Barat itu.

Foto: Antaranews.com

Baca Juga: Kontingen Indonesia Tidak Terimbas Badai Kammuri di Filipina

Bagi Brunei, kekalahan 8 gol tanpa balas ini menjadi kekalahan terbesar yang diderita skuat besutan pelatih Aminuddin bin Jumat itu. Sebelumnya, mereka juga kalah 0-6 dari Vietnam dan 0-7 dari Thailand.

"Indonesia menjadi lawan tersulit tim kami. Mereka menunjukkan penampilan yang bagus dalam pertarungan tadi. Selamat untuk Indonesia. Kalau mempertahankan penampilan yang sama di laga-laga berikutnya, saya yakin Indonesia akan masuk ke final SEA Games 2019," puji Aminuddin untuk permainan tim Merah Putih.

Foto: Antaranews.com

Hasil ini mengantarkan timnas ke posisi kedua klasemen sementara Grup B, menggusur Thailand yang diluar dugaan, kesulitan menang 2-0 dari Laos. Tim Gajah Putih baru bisa mencetak 2 gol kemenangan di injury time babak kedua, lewat dua gol dari Suphanat Mueanta (90', 90+4').

Indonesia dan Thailand kini mengoleksi poin yang sama, 9 poin tertinggal 3 poin dari Vietnam yang menyapu bersih empat laga babak grup. Indonesia unggul selisih gol dari Thailand 11 (13 gol dan 2 kebobolan) berbanding 10 (12 gol dan 2 kebobolan). Sementara Vietnam sendiri memiliki selisih gol 13 (15 gol dan 2 kebobolan).

Di pertandingan pamungkas Jumat (5/12), Indonesia akan menghadapi Laos, sedangkan Thailand akan menghadapi Vietnam. Pertandingan rencananya akan digelar pada pukul 18.00 WIB.

Susunan pemain:

Indonesia (4-3-3): Muhammad Riyandi; Andy Setyo, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi, Asnawi Mangkualam Bahar; Evan Dimas, Zulfiandi (Feby Eka Putra 82'), Syahrian Abimanyu (Sani Rizki 75'); Saddil Ramdani (Witan Sulaeman 65'), Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay.

Brunei Darussalam (4-4-2): Haimie Nyaring; Muhammad Aminuddin, Muhammad Nur Asyraffahmi, Muhammad Nur Ikhmal, Faiq Jefri Bolkiah; Muhammad Hanif Farhan, Haziq Azim, Muhammad Rahimin, Mohammad Amin; Muhammad Hanif Aiman (Hakeme Yazid 42'), Adi bin Said.

BACA JUGA: Cek EKONOMI & BISNIS, BeritaTerkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait