Bamsoet Juga Ingin Dirangkul Surya Paloh | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Dok.Ceknricek.com

Bamsoet Juga Ingin Dirangkul Surya Paloh

Ceknricek.com -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersyukur seluruh elite politik bisa kembali guyub, rukun, dan penuh keceriaan. Setelah sepekan terakhir ini dibumbui saling sindir, khususnya usai pertemuan dan saling peluk erat antara Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dengan Presiden PKS Sohibul Imam, mereka kumpul bersama menghadiri HUT Partai Nasdem ke-8, di JI Expo, Jakarta, Senin (11/11) malam.

Selain Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Maruf Amin, turut hadir para tokoh lain seperti Ketua Umum PDI Perjuangan sekaligus Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS sekaligus Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Sekretaris Jenderal PPP sekaligus Wakil Ketua MPR RI Asrul Sani, Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Umum PSI Grace Natalie, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, dan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Yudhoyono. 

Bamsoet Juga Ingin Dirangkul Surya Paloh
Sumber: Antara

"Dengan pertemuan dan rangkulan Presiden Joko Widodo dengan Bang Surya Paloh, apalagi disaksikan Ketua Umum PDI Perjuangan sekaligus Presiden RI-5 Megawati Soekarnoputri, mengembalikan kembali cuaca politik yang sempat mendung. Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo, sebetulnya tidak ada yang salah dengan rangkul merangkul. Hanya saja Bang Surya Paloh sepertinya tidak menyadari, sebagai senior dalam perpolitikan di Indonesia, para juniornya seperti saya dan Presiden Joko Widodo maupun lainnya juga ingin dirangkul oleh beliau," ujar Bamsoet. 

Baca Juga: Bamsoet: Ancaman Ideologis Terhadap Pancasila Harus Dilawan

Bagi Bamsoet, kembali cerahnya cuaca perpolitikan menandakan semangat maju dari para elite politik untuk gotong royong membangun Indonesia. Mengingat begitu banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan, dari mulai menghadapi potensi resesi ekonomi dunia, ledakan jumlah penduduk dunia, evolusi media sosial, hingga ketegangan geopolitik akibat Brexit maupun perang dagang Tiongkok dengan Amerika. 

Ia mengatakan, banyak masalah dunia yang bisa berdampak kepada Indonesia. Karenanya jangan ditambah lagi dengan masalah yang datang dari internal dalam negeri. Jika para elite bisa rukun damai, akan memberikan teladan kepada rakyat bahwa dalam membangun bangsa butuh kerjasama dari semua pihak. Tidak boleh saling curiga, saling sindir, apalagi saling menjatuhkan..

Bamsoet Juga Ingin Dirangkul Surya Paloh
Sumber: Dok.Ceknricek.com

Menurut Bamsoet, etika politik perlu ditegakan sehingga bisa menumbuhkan suasana politik yang demokratis yang bercirikan keterbukaan, bertanggungjawab, menghargai perbedaan, jujur dalam persaingan, kesediaan untuk menerima pendapat, serta menjunjung tinggi hak asasi manusia dan keseimbangan hak dan kewajiban dalam kehidupan berbangsa. 

"Masalah potensial yang dapat menimbulkan permusuhan dan pertentangan diselesaikan secara musyawarah dengan penuh kearifan dan kebijaksanaan sesuai dengan nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur Pancasila. Dengan demikian bisa menciptakan suasana harmonis antarpelaku dan antarkekuatan sosial politik untuk mencapai sebesar-besar kemajuan bangsa dan negara dengan mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi dan golongan," pungkas Bamsoet. 

BACA JUGA: Cek OPINI, Opini Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait