Bendung Wabah Flu Burung, Vietnam Musnahkan Puluhan Ribu Unggas | Cek&Ricek
Foto: Reuters

Bendung Wabah Flu Burung, Vietnam Musnahkan Puluhan Ribu Unggas

Ceknricek.com -- Pemerintah Vietnam sejauh tahun ini telah memusnahkan puluhan ribu unggas untuk membendung tingginya wabah flu burung patogenik H5N6, Selasa (11/2).

Pemusnahan tersebut dilakukan setelah terdeteksi adanya dugaan virus itu di sebuah peternakan di luar Hanoi, menurut laporan surat kabar Kinh Te Do Thi.

Reuters menulis pihak berwenang hingga saat ini telah memusnahkan unggas, yang kebanyakan ayam dan bebek, di peternakan di provinsi Nghe An, Thanh Hoa dan Quang Ninh, kata seorang pejabat yang merahasiakan identitasnya.

Baca Juga: Korban Tewas Tembus Rekor Harian, Tim WHO Menuju China Bantu Penyelidikan Corona

"Kami khawatir virus ini dapat menyebar lebih banyak dan kami berupaya sebaik mungkin untuk menghentikan wabah tersebut," kata pejabat tersebut.

Provinsi Thanh Hoa yang terletak sekitar 170 km selatan kota Hanoi, telah memusnahkan 23.000 burung di 10 peternakan setelah mereka dinyatakan positif terkena virus tersebut, menurut lansiran surat kabar Thanh Hoa, Senin (10/2).

Selain memusnahkan unggas, pihak berwenang juga telah mensterilkan peternakan dan melarang pengiriman unggas dari zona terdampak, katanya.

Negara Vietnam memiliki kawanan unggas yang terdiri atas 460 juta dan wabah flu burung berskala kecil belum biasa terjadi di negara itu selama lima tahun terakhir, kata pejabat itu.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait