Berkat PPKM, Luhut Klaim Angka Kasus Harian Turun 50 Persen | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Istimewa

Berkat PPKM, Luhut Klaim Angka Kasus Harian Turun 50 Persen

Ceknricek.com-- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan  mengklaim penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia, khususnya di Jawa dan Bali dengan kebijakan PPKM yang selama ini dijalankan menunjukkan hasil baik. Dia menyebut dengan PPKM, angka kasus harian COVID-19 menurun signifikan hingga 50 persen dari puncaknya beberapa waktu yang lalu.

“Penerapan PPKM Level 4 dan 3 yang dilakukan sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 di Jawa Bali sudah menunjukkan hasil yang cukup baik, hal ini dapat terlihat dari sejumlah provinsi yang mengalami penurunan jumlah penambahan kasus dan BOR (keterisian tempat tidur rumah sakit),” ujar Luhut dalam temu media daring, Senin (2/8/21).

Sayangnya, meski di tengah pemberlakuan PPKM. indeks mobilitas sedikit naik - hal ini sudah diprediksi akibat adanya pelanggaran. “Angka kasus harian di Jawa Bali mengalami penurunan signifikan hingga 50 persen dari puncaknya beberapa waktu yang lalu,” beber Luhut seraya berharap kondisi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Lebih lanjut Luhut menjelaskan pada penerapan PPKM Level 4 dan 3 yang berlaku mulai 3 Agustus, ada 12 Kabupaten Kota yang dapat masuk ke Level 3 dan 1 Kabupaten yang masuk ke Level 2. Sayangnya ada beberapa Kabupaten Kota yang akhirnya kembali pada Level 4. “Bukan karena peningkatan kasus, tetapi lebih kepada peningkatan kasus kematian,” ujarnya.

Terkait detail kabupaten kota mana saja yang masuk ke dalam Level 3 dan 4 akan dikeluarkan Inmendagri dalam waktu dekat. Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Kebijakan itu diperpanjang terhitung sejak 3 hingga 9 Agustus 2021.

"Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021," kata Presiden Joko Widodo, saat mengumumkan keputusan ini melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin malam (2/8/21).

Jokowi mengklaim bahwa PPKM Level 4 yang telah dilakukan sebelumnya telah membawa sejumlah perbaikan, baik dalam hal konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan, dan persentase BOR.

Pernyataan Jokowi soal kelanjutan PPKM Level 4 Perbaikan itu membuat pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM Level 4, dengan sejumlah penyesuaian aturan terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat

 

 


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait