BNPB: Prokes Harus Diterapkan Dalam Penanggulangan Bencana | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Ilustrasi: Banjir bandang terjadi di Kabupaten Sukabumi yang menyebabkan 1 unit rumah hanyut dan 1 mobil hanyut pada Senin (21/9/20), sekitar pukul 17.10 WIB. (BPBD Kabupaten Sukabumi)

BNPB: Prokes Harus Diterapkan Dalam Penanggulangan Bencana

Ceknricek.com -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau pemerintah daerah mempersiapkan protokol kesehatan (prokes) upaya mitigasi bencana alam dengan menyesuaikan kondisi pandemi untuk menekan penularan Covid-19 di lokasi pengungsian.

“Kontigensi plan dan mitigasi risiko harus disiapkan dengan matang untuk meminimalisir kerugian bahkan korban jiwa pada sektor terdampak termasuk memastikan lokasi pengungsian,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis, Kamis (15/10/20).

Menurut Wiku, bencana alam yang terjadi di berbagai daerah mengharuskan masyarakat menempati lokasi pengungsian dapat berdampak terhadap potensi penularan Covid-19 serta penyakit lainnya.

"Bagi masyarakat apabila memungkinkan agar dapat menghindari lokasi pengungsian di tenda jika tidak terpaksa. Selain itu, manfaatkan tempat-tempat penginapan yang terdekat sebagai lokasi pengungsian," jelas Wiku.

Selain itu, dia juga meminta pemerintah daerah memastikan penyintas mendapat masker cadangan, hand sanitizier, alat makan pribadi dan tempat evakuasi yang dirancang untuk menjaga jarak pengungsi.

“Dan harus ada petugas kesehatan di sekitar pengungsian,” tegas Wiku.

Lebih lanjut satgas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat tetap patuhi protokol 3M, atau memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak selama di lokasi pengungsian.

"Ingat, protokol kesehatan merupakan langkah yang penting untuk melindungi diri kita dan orang-orang terdekat dari Covid-19. Pemerintah daerah juga harus lakukan monitoring yang ketat termasuk testing dan tracing jika dibutuhkan di lokasi pengungsian," pungkas Wiku. 

Baca juga: BNPB Apresiasi Kolaborasi Pentaheliks Penanganan Covid-19



Berita Terkait