Foto: Instagram @tasyafarasya

Cara Membedakan Review Produk Asli atau Palsu Ala Tasya Farasya

Ceknricek.com - Tasya Farasya mengunggah di InstaStory pribadinya tentang produk skincare dan mekap palsu baru-baru ini. Ia dengan tegas menegur selebgram dan influencer yang mempromosikan produk tersebut di media sosial. 

Postingan tersebut ramai dibicarakan warganet. Ada yang pro dan banyak pula kontra. Beberapa warganet ini menganggap apa yang dilakukan Tasya akan menutup pintu rezeki orang lain. Tapi banyak juga yang mendukung Tasya. 

Beauty vlogger ini pun membagikan tips untuk membedakan antara review produk bohong dan review produk asli. Cara tersebut biasa dilakukan para selebgram atau influencer untuk menjual produk. Berikut empat tips membedakan ulasan produk asli dan bohong ala Tasya Farasya.

Review Biasanya Kalimat Lebih Singkat

Tasya menjelaskan ulasan bohong biasanya menggunakan kalimat yang singkat. Sebagai orang yang terjun dalam dunia kecantikan dan kerap mendapat endorsement Tasya sangat memahami review produk. 

Penilaian yang diberikan biasanya terlalu umum dan luas. Misalnya seperti, "suka banget produk ini, bagus banget!" atau "Semenjak pakai produk ini kulit aku langsung glowing banget!" Hal tersebut kemungkinan besar yang menulis ulasan tidak pernah benar-benar mencoba produk.

Sementara untuk review asli akan lebih detail karena memiliki pengalaman pribadi saat mencoba produk. Biasanya ulasan asli akan menjelaskan efek produk, tekstur yang dirasakan, hingga cerita personal saat menggunakan produk.

Review Ulasan Cantumkan Rentan Waktu

Tasya berpendapat ulasan yang tidak asli biasanya menggunakan kalimat pembuka yang sangat rancu. Contohnya seperti "Aku mau rekomendasiin produk kesukaan aku banget nih dari 'a'" atau "Yuk samaan sama aku pakai ini."

Baca Juga: Tasya Farasya, Ingatkan Bahaya Menggunakan Produk Skincare Palsu

Tapi ada yang paling bahaya dan harus benar-benar diperhatikan, yaitu ketika mereka yang mengaku memberi ulasan mencantumkan rentang waktu pemakaian padahal mereka belum memakai produk selama itu.

Ulasan jenis ini akan terasa lebih nyata dan meyakinkan. Maka dari itu, pembeli harus lebih jeli. Biasanya, jika orang yang benar-benar menggunakan produk dalam kurun waktu tertentu akan menunjukkan botol kosong, sisa produk yang tinggal sedikit, dan botol yang sudah lusuh karena sering digunakan.

Meski begitu, Tasya mengaku jika ulasan jenis ini paling sulit untuk ditebak, asli atau bohong.

Review Ulasan Muncul Berdekatan

Ulasan tidak asli biasanya akan datang secara bersamaan dalam waktu yang berdekatan. Ulasan 'rombongan' ini juga akan banyak ditemukan saat produk baru rilis untuk mendorong angka penjualan.

Tasya menyarankan untuk melihat lebih jeli caption mana yang dibuat sendiri oleh pengulas dan mana yang hanya sekadar menulis ulang. Hal ini bisa membedakan secara langsung antara review produk bohong dan asli.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait