Foto : glamour.com

Cara Mengatasi Ketombe dan Kulit Kepala Kering

Ceknricek.com – Jatuhnya serpihan putih saat memakai baju berwarna gelap tentu mengganggu rasa percaya diri Anda. Meski tidak selalu ketombe, serpihan itu bisa saja kulit kepala kering (dry scalp).

Keduanya memang menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala. Lalu bagaimana membedakan ketombe dan kulit kepala kering? Simak penjelasannya seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

Ketombe

Kondisi kulit kepala yang terlalu berminyak akan menyebabkan sel-sel kulit jadi menumpuk dan melepaskan sel-sel kulit matinya. Jika prosesnya berlebihan dengan bentuk yang besar seperti kotoran, itu dinamakan sebagai ketombe.

Kulit kepala kering

Permasalahan kulit kepala kering adalah kebalikan dari permasalahan ketombe, yaitu kurangnya produksi minyak. Kulit kepala kering dapat menyebabkan gatal dan iritasi. Namun, kulit kepala yang mengelupas tak memiliki bentuk yang besar seperti ketombe. Serpihannya cenderung lebih kecil dan memiliki warna yang lebih putih.

Cara mengatasi

Ketombe yang parah biasanya disebabkan karena infeksi. Anda dapat mengurangi minyak pada kulit kepala dengan memakai sampo dengan kandungan yang dapat membunuh jamur pada kulit kepala seperti selenium sulfide, salicylic acidketoconazole, dan tea tree oil.

Sementara bagi Anda yang memiliki kulit kepala yang kering, sebaiknya Anda jangan terlalu sering berkeramas. Pilihlah produk seperti sampo, gel rambut atau hairspray dengan kandungan yang mampu memberikan kelembapan pada rambut.



Berita Terkait