Cegah COVID-19 Dengan Pola 4 Sehat 5 Sempurna | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Cegah COVID-19 Dengan Pola 4 Sehat 5 Sempurna

Ceknricek.com -- Pandemi COVID-19 mendorong masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Selain kebiasan baru seperti menjalankan protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak, demi menjaga kesehatan, konsumsi vitamin termasuk cara ampuh demi tingkatkan daya tahan dan imunitas tubuh.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI YESSY GUSMAN

Pola 4 sehat 5 sempurna sangat cocok diterapkan pada masa pandemi COVID-19 sebagai upaya agar masyarakat dapat berperilaku adaptif serta preventif supaya tetap sehat. Tak jauh beda anjuran 4 sehat 5 sempurna untuk mencegah COVID-19 yang dirangkum ceknricek.com dari berbagai sumber.

Makan Bergizi

COVID-19 kerap menyerang sistem kekebalan tubuh atau sistem imun manusia. Hal inilah yang menjadi hal yang harus mendapatkan fokus perawatan. Asupan cairan dan makanan bernutrisi sangat penting bagi tubuh, terlebih di masa pandemi seperti ini. Sejatinya, makanan dan minuman yang kita konsumsi mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mencegah dan melawan infeksi penyakit hingga proses pemulihan. Bila kita menerapkan pola makan bergizi seimbang, kita akan cenderung lebih sehat karena sistem imun juga lebih kuat. Maka mulailah  untuk mengkonsumsi makanan segar, kaya vitamin, mineral, serta nutrisi.

Olahraga, tidur yang cukup dan teratur, dan tidak panik

Selama pandemi masyarakat dihimbau untuk menjaga imunitas tubuh, salah satunya dengan olahraga  teratur. Usahakan untuk tetap berolahraga dengan intensitas ringan hingga sedang selama 30 menit setiap harinya. Selain itu, tidur yang cukup di malam hari nyatanya sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi otak dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Dan hal tersebut juga bisa menghilangkan kepanikan karena efek dari pandemi Covid-19.

Pakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak

Lewat salah satu cara penyebaran virus Covid-19 yaitu melalui udara, memang lantas membuat kekhawatiran masyarakat akan resiko penularan virus ini. Memakai masker dan mencuci tangan kini seakan sudah menjadi bagian hidup dari masyarakat. Kebiasaan baru ini harus dilakukan di masyarakat untuk mengurangi hingga memutus mata rantai penularan virus Covid-19 ini. Selain itu, menjaga jarak juga telah menjadi peraturan mutlak dimanapun kita berada, mulai tempat umum hingga transportasi umum. 

Baca juga: Kepatuhan Protokol Kesehatan Harus Didukung Penegakan Hukum

Baca juga: Suka Pakai Masker Basah, Hati-Hati Risiko Sesak Napas Mengintai


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait