Covid-19 Hantam Museum Dunia, 10 Persen Terancam Tutup Selamanya | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Covid-19 Hantam Museum Dunia, 10 Persen Terancam Tutup Selamanya

Ceknricek.com -- Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menyebut pandemi Covid-19 mengakibatkan lebih dari 10 persen museum di dunia mengalami penundaan proyek baru dan kemungkinan tidak akan pernah lagi dibuka, Jumat (12/6).

Survei yang dilakukan International Council of Museums (ICOM) yang berbasis di Paris dan berafiliasi dengan UNESCO mencatat hampir 1.600 museum di 107 negara hampir semuanya ditutup akibat pandemi virus korona yang telah menjadi pandemi internasional.

Mereka menyebut di negara-negara Afrika, Asia dan Arab, lebih dari seperempat museum khawatir mereka bakal tutup selamanya, menurut survei. Sementara itu sektor museum swasta khawatir dengan banyak kebangkrutan dalam beberapa bulan mendatang.

"Bahkan kehilangan satu museum, satu pusat budaya atau satu teater akan mempengaruhi keanekaragaman," kata Ernesto Ottone Ramirez, Asisten Dirjen UNESCO dikutip dari Reuters Jumat (12/6).

Baca juga: Delapan Museum Terkenal yang Bisa Dikunjungi Secara Daring Meski Tetap di Rumah

Lembaga besar seperti Prado di Madris mendapat 70 persen lebih dari pendapatan penjualan tiket mereka ke para turis dan penutupan selama berbulan-bulan akibat pandemi akan membebani keuangan mereka selama beberapa tahun ke depan, katanya.

Banyak negara berkembang dan mereka yang lahir dari perang akan melihat kemajuan mengalami kemunduran selama bertahun-tahun, kata Ottone Ramirez, merujuk pada Somalia dan negara Afrika lainnya, di mana UNESCO telah membantu otoritas setempat mendirikan museum.

Semntara itu di Filipina, Indonesia, Montenegro, dan Irak, sejumlah proyek baru mandek. "Butuh waktu untuk mengembalikan kemajuan yang dihasilkan dalam 20 tahun belakangan," kata Ottone Ramirez.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait