Foto: Ashar/Ceknricek.com

Dihadiri Sanak Saudara, Jenazah Ir Ciputra Dimakamkan

Ceknricek.com -- Mendiang Ir Ciputra atau Tjie Tjin Hoan, Kamis (5/12) siang, dikebumikan di pemakaman keluarga Citra Indah di kawasan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Prosesi pemakaman berlangsung khidmat, dihadiri oleh istri Almarhum, 4 anak, 4 menantu, 10 cucu, direksi dan komisaris serta karyawan Grup Jaya, Grup Metropolitan dan Grup Ciputra. Para sahabat dan rekan-rekan mendiang tampak hadir di sana. Mereka membaur dengan warga setempat yang turut mengantar jenazah Ir Ciputra, ke tempat peristirahatan terakhir.

Upacara pemakaman diawali dengan kebaktian pelepasan jenazah dari Galeri Ciputra Artpreneur, Ciputra World 1, Kuningan Jakarta, Kamis (5/12) pagi. Putra Almarhum, Candra Ciputra membawa foto Almarhum, diikuti putra lainnya, Cakra Ciputra yang membawa Salib bunga.

Sedangkan cucu-cucu Almarhum, William Hendharto Ciputra membawa bunga lilin 1, Nararya Ciputra Sastrawinata membawa bunga lilin 2, sementara Cipta Ciputra Harun membawa Salib kayu. Mereka keluar beriringan menuju mobil jenazah.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

Baca Juga: Biografi Ciputra: Pebisnis Tangguh dari Parigi

Iring-iringan mobil jenazah beserta rombongan berangkat dari Galeri Ciputra Artpreneur pada pukul 09.00 WIB. Mereka tiba di lokasi pemakaman sekitar pukul 10.30 WIB.

Ucapan Terima Kasih

Usai prosesi pemakaman, putri sulung Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata mengaku terharu melihat antusiasme masyarakat yang datang melihat jenazah ayahnya untuk terakhir kali. Ia atas nama keluarga mengucapkan banyak terima kasih.

Hal yang sama diungkapkan putra ketiga Ciputra, Candra Ciputra. Ia menyampaikan terima kasih kepada pelayat telah menghadiri upacara pemakaman, khususnya mereka berulang kali melayat ke rumah persemayaman sebelum jenazah dikebumikan.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

"Yang datang beberapa hari kami melihat spesial karena kami tidak pernah undang tapi datang sendiri. Berarti itu betul suatu keinginan yang sangat luar biasa untuk mengunjungi kami dalam keadaan susah seperti sekarang ini," kata Candra.

Candra berharap kepada semua pihak untuk memaafkan kesalahan mendiang ayahnya. "Ciputra bukanlah manusia sempurna. Ia pasti pernah berbuat salah," katanya.

Foto: Ashar/Ceknricek.com

Seperti diketahui, Ir Ciputra mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Gleneagles Singapura, Rabu (27/11), pukul 01.05 waktu setempat. Jenazahnya sempat disemayamkan di rumah duka Singapore Casket, sebelum diterbangkan ke Tanah Air.

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait