Disdukcapil Benarkan Reynhard Sinaga Warga Depok, Jawa Barat | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Disdukcapil Benarkan Reynhard Sinaga Warga Depok, Jawa Barat

Ceknricek.com -- Reynhard Sinaga, terpidana penjara seumur hidup dalam kasus pemerkosaan di Inggris ternyata WNI asal Depok, Jawa Barat. Informasi itu dibenarkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan (Disdukcapil) Kota Depok, Misbaul Munir.

"Ya benar saudara Reynhard adalah warga Kota Depok. Alamat dan nama orang tuanya saya tidak bisa kasih tahu karena itu identitas kependudukan seorang itu bersifat rahasia," ujar Munir kepada Republika, Selasa (7/1).

Munir menyarankan, untuk dapat mengetahui identitas pelaku dan alamatnya, sebaiknya pihak kepolisian yang meminta. "Silahkan teman-teman minta pihak kepolisian Polres Metro Depok untuk meminta data-data kependudukan pelaku, baru kami akan berikan," terangnya.

Reynhard Sinaga adalah sarjana arsitektur Universitas Indonesia (UI) Depok tahun 2006. Ia dihukum seumur hidup oleh Pengadilan Manchester, Inggris atas dakwaan 159 kasus pemerkosaan dan serangan seksual terhadap 48 korban. Perbuatan tersebut dilakukan dalam rentang waktu 2,5 tahun, dari 1 Januari 2015 hingga 2 Juni 2017.

Baca Juga: Kasus Reynhard Sinaga, Kejahatan Perkosaan Terbesar Dalam Sejarah Hukum Inggris

Hakim Suzanne Goddard yang memimpin jalannya persidangan putusan, Senin (6/1), menggambarkan Reynhard Sinaga sebagai 'predator seksual setan' yang tidak menunjukkan penyesalan. Hakim memutuskan Reynhard harus menjalani minimal 30 tahun masa hukumannya sebelum boleh mengajukan pengampunan.

Dilansir dari The Guardian, Reynhard Sinaga yang memiliki tinggi sekitar 170 cm ini lahir di Jambi pada 1983. Dia datang ke Inggris menggunakan visa pelajar pada 2007 saat berumur 24 tahun. Ia menatap selama 10 tahun di Manchester, sebelum akhirnya ditangkap polisi setempat, 2 Juni 2017.

Selama 10 tahun itu, Reynhard hidup dengan bantuan biaya dari ayahnya yang dilaporkan seorang bankir berdomisili di Kota Depok. Selain membayar biaya kuliah, sang ayah disebut membiayai apartemen Reynhard di Montana House, tempat di mana ia mengintai calon korbannya. Pria yang akrab disapa Rey itu tidak pernah menceritakan keluarga dan asal-usulnya.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait