Empat Cara Atasi Error Aplikasi PeduliLindungi | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Foto : Istimewa

Empat Cara Atasi Error Aplikasi PeduliLindungi

Ceknricek.com--Aplikasi PeduliLindungi saat ini menjadi satu-satunya platform yang digunakan masyarakat untuk melakukan sejumlah aktivitas sosial. Rekam jejak penggunanya akan termuat dalam aplikasi resmi yang dibuat pemerintah ini.

Banyak manfaat yang didapatkan dalam menggunakan Aplikasi PeduliLindungi. Pertama adalah untuk verifikasi pelaksanaan vaksinasi. Pasalnya, sertifikat vaksin akan tersimpan di dalam aplikasi ini baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Kedua, aplikasi PeduliLindungi juga digunakan sebagai 3T atau testing, tracing, dan treatment. Pemerintah menggunakan aplikasi ini untuk melakukan surveilans kesehatan warga negaranya.

Manfaat ketiga, aplikasi PeduliLindungi telah terintegrasi dengan data tes pemeriksaan COVID-19 secara nasional sehingga hasil pemeriksaan tes baik antigen atau PCR akan langsung terkoneksi dengan akun masing-masing orang.

Saat ini, aplikasi PeduliLindungi telah digunakan lebih dari 39.886.900 pengguna. Sekitar 22 juta diantaranya telah menggunakan aplikasi ini di sejumlah fasilitas publik yang tersebar di 4.637 titik lokasi di antaranya stasiun, gedung, lokasi perkantoran dan industri, hotel, mal, dan fasilitas olahraga.

Enam sektor yang menjadi fokus pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi dalam hal skrining, yaitu:

  1. Perdagangan (pusat perbelanjaan, pasar modern dan pasar tradisional)
  2. Transportasi (darat, laut, udara)
  3. Pariwisata (hotel, restoran, event/pertunjukan)
  4. Kantor/Pabrik (pemerintah, swasta, bank, pabrik besar, UMKM/IRT)
  5. Keagamaan (masjid, gereja, wihara, pura, kegiatan keagamaan)
  6. Pendidikan (PAUD, SD, SMP/SMA, Perguruan Tinggi)

Namun, ada kalanya aplikasi ini tidak dapat digunakan karena sesuatu hal. Lantas bagaimana cara mengatasi eror pada aplikasi PeduliLindungi?

Ada empat cara yang dapat dilakukan jika Anda mengalami kendala saat menggunakan aplikasi PeduliLindungi:

1.Muat ulang

Jika Anda mengalami kendala saat membuka aplikasi PeduliLindungi, silakan untuk mencoba memuat ulang aplikasi. Perbedaan setelah pada setiap ponsel bisa jadi penyebab aplikasi PeduliLindungi Anda eror.

2.Periksa Pembaruan Aplikasi

Pastikan sistem operasi perangkat dan aplikasi Anda sudah sesuai dengan versi terbaru. Pembaruan sistem operasi perangkat dan aplikasi berguna untuk menyesuaikan spesifikasi sistem dengan aplikasi.

3.Pastikan Memori Ponsel Memadai

Terlalu banyak aplikasi atau file yang disimpan dalam ponsel akan membuat aplikasi lain menjadi eror termasuk aplikasi PeduliLindungi. Menumpuknya cache bisa jadi menghambat proses pemindaian QR Code aplikasi PeduliLindungi. Oleh sebab itu, pastikan kapasitas memori dalam ponsel Anda memiliki ruang mencukupi.

4.Periksa Jaringan Internet

Hal lain yang dapat mempengaruhi aplikasi PeduliLIndungi menjadi eror adalah buruknya jaringan internet. Pastikan koneksi jaringan internet Anda dalam posisi yang stabil agar tidak mempengaruhi proses saat pemindaian QR Code oleh aplikasi PeduliLindungi.

Demikian empat cara yang dapat Anda lakukan saat mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Tetap patuhi 5M protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di masa pandemi untuk mencegah terinfeksinya virus Corona.

 

 


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait