Erlina Burhan: Tekan Penularan Covid Pada Anak, Orang Tua Harus Kasih Contoh | Cek&Ricek astra-satu-untuk-indonesia
Sumber: Istimewa

Erlina Burhan: Tekan Penularan Covid Pada Anak, Orang Tua Harus Kasih Contoh

Ceknricek.com—Dokter spesialis paru Erlina Burhan meminta orang tua segera mendaftarkan anaknya untuk divaksinasi. Hal itu dikatakan Erlina dalam sebuah diskusi daring, Sabtu (24/7/21). Menurut Erlina, sekarang vaksin Covid-19 sudah memiliki efikasi hampir 100% untuk anak usia 12-15 tahun. Termasuk vaksin Moderna yang sudah memasuki uji klinis ketiga, bisa menstimulasi kekebalan sebagaimana vaksin pada orang dewasa.

“Kenapa divaksin?Karena vaksinasi memberikan perlindungan meski ada peluang masih tertular. Tapi kalaupun tertular tidak terlalu parah gejalanya,”kata Erlina.

Erlina Burhan melanjutkan,mereka yang terinfeksi setelah divaksin hanya sebagian kecil. Itulah sebab, dokter di RS Persahabatan, Jakarta ini berharap orang tua membawa anaknya untuk divaksin sebagai upaya menekan penularan Covid-19.

“Orang tua harus kasih contoh yang baik. Pakai masker, keluar rumah seperlunya dan habis keluar baju langsung dicopot untuk dicuci,”ujar Erlina.

Selain dijaga lewat vaksinasi, Erlina juga mengingatkan orang tua untuk mengajarkan anaknya pakai masker dan cuci tangan dengan sabun. Hal ini lantaran kematian anak akibat Covid-19 di Indonesia termasuk tertinggi di dunia. Ini menjadi pekerjaan rumah seluruh komponen masyarakat, karena anak dibawah lima tahun tidak dianjurkan untuk memakai masker.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait