Sumber Foto: Time Magazine

Facebook Digugat Perusahaan Rusia

Ceknricek.com – Seorang akuntan perusahaan Rusia didakwa oleh jaksa federal karena berencana untuk mengganggu pemilu di Amerika. Menggugat facebook dengan alasan outlet beritanya tersebut sah dan menginginkan akun Facebooknya kembali dipulihkan.

Federal Agency of News (FAN) salah satu media serta pemegang saham tunggalnya Evgeniy Zubarev mengirimkan gugatan pada pengadilan federal si California, serta menuntut ganti rugi dan penerbitan surat perintah penghentian pembekuan akunnya.

Pada bulan April lalu, akun FAN dihapus oleh Facebook dalam rangka membersihkan laman yang terkait dengan lembaga Internet Research Agency, yang dituduh Special Cunsl Robert Mueller telah meramaikan media sosial, dengan memberikan informasi palsu untuk memcah belah masyarakat menjelang pemilu 2016 lalu.

FAN dan Zubarev menjadi korban pembersihan secara tidak layak oleh Facebook yang menurunkan lebih dari 270 akun dan laman berbahasa Rusia, berdasarkan surat keluhan yang disampaikan. 

“FAN merupakan ahensi berita yang independen, otentik, dan sah yang mengeluarkan laporan yang relevan dan merupakan kepentingan masyarakat,” ucap FAN dalam suratnya yang dikutip Reuters.

Gugatanya yang disampaikan FAN itu berpendapat jika Facebook secara efektif telah menjadi seperti perpanjangan tangan pemerintah lewat pengekangan kebebasan dalam berpendapat. 

Serta mengutip UU Hak Sipil tahun 1964 untuk mempermasalahkan diskriminasi Facebook terhadap asal mereka yang dari Rusia. 



Berita Terkait