Facebook Sumbang 1,6 Triliun untuk Media dan Penerbit Terdampak Covid-19 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Facebook Sumbang 1,6 Triliun untuk Media dan Penerbit Terdampak Covid-19

Ceknricek.com -- Facebook menjanjikan donasi 100 juta dolar AS (sekitar Rp1,6 triliun) untuk perusahaan media, termasuk penerbit lokal Amerika Serikat, yang terdampak pandemik virus korona baru atau Covid-19.

Sebagaimana dilaporkan Reuters, Senin (30/3) donasi 100 juta dolar AS dari Facebook tersebut termasuk 25 juta dolar AS dalam bentuk dana hibah darurat untuk media lokal, dan 75 juta dolar AS dalam bentuk iklan untuk perusahaan media secara global.

Putaran pertama hibahnya ditujukan kepada 50 redaksi lokal di Amerika Serikat dan Kanada yang terdampak beban keuangan akibat Covid-19.

Perusahaan media, terutama media cetak diketahui memang menanggung beban karena banyak pengiklan menarik anggaran promosi untuk menjaga pengeluaran selama masalah korona masih berlangsung.

Facebook Sumbang 1,6 Triliun untuk Media dan Penerbit Terdampak Covid-19
Sumber: Istimewa

Surat kabar Vatican berusia 160 tahun, L'Osservatore Romano, yang menghentikan pencetakan pekan lalu, merupakan satu dari sejumlah media cetak yang kesulitan bertahan di tengah pandemi yang melanda seluruh dunia ini.

Baca juga: Asyik, Ada Bonus Rp 14 Juta Untuk Karyawan Facebook yang Kerja di Rumah

Sebelumnya pada Jumat (27/3), perusahaan induk Google, Alphabet, menyumbang lebih dari 800 juta dolar AS atau sekitar Rp12,8 triliun untuk memproduksi pasokan medis yang digunakan melawan Covid-19 dan dalam bentuk iklan kepada usaha kecil dan menengah, juga pemerintah dan organisasi kesehatan.

CEO Google, Sundar Pichai, mengatakan Google bekerja sama dengan manufaktur alat perlindungan diri Magid Glove and Safety untuk memproduksi  alat pelindung virus seperti masker dan yang lain.

Sekitar 2 juta hingga 3 juta masker akan diproduksi oleh mereka yang secara finansial dapat mendukung upaya untuk meningkatkan kapasitas produksi untuk perangkat medis dan peralatan perlindungan diri.

Selain itu Pichai mengatakan Google akan memberikan 340 juta dolar AS atau sekitar Rp5,4 triliun dalam bentuk kredit iklan Google untuk usaha kecil dan menengah yang aktif pada platformnya.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait