Foto: Doc. #Tembokpedia

Gerakan #Tembokpedia, Bentuk Karakter Anak Lewat Cat dan Tembok

Ceknricek.com -- Komunitas anak muda Jakarta bentukan Indonesia Mengajar membuat gerakan #Tembokpedia yang mengajak keseruan bersama anak-anak melalui cat dan tembok.

Koordinator kegiatan Nanda Ray, Rabu, (15/4) yang ditemui saat kegiatan #Tembokpedia di RW 01 Kuningan Barat, mengatakan menggambar dan mewarnai yang dilakukan bersama dengan anak-anak ini sembari menginternalisasi nilai-nilai kebaikan yang tertuang dalam gambar.

“Anak terus tumbuh, zaman terus berubah. Inisiatif pendidikan pun perlu terus mencari bentukan yang relevan di zamannya. #Tembokpedia merupakan salah satu ikhtiar Gerakan Indonesia Mengajar untuk masuk di tengah zaman penuh kreativitas dan konektivitas digital ini," kata Nanda.

Menurut Nanda, #Tembokpedia adalah gerakan yang mengajak semua pihak untuk terlibat aktif dalam pembentukan karakter anak- anak dengan menggunakan cat dan tembok sebagai medium penyampaian edukasi.

Foto: Doc. #Tembokpedia

"Tema mural ini berangkat dari elaborasi positif atas potensi dan tantangan yang dihadapi oleh lingkungan sekitar, khususnya dihadapi oleh anak-anak yang tinggal di lingkungan tersebut," kata Nanda.

Nanda mengatakan terkait hal itu, relawan gerakan #Tembokpedia perlu berinteraksi dan mewawancarai orang tua dan warga terlebih dulu agar mendapatkan bahan yang tepat untuk diolah menjadi opsi-opsi pesan visual.

"Jadi, apa yang kami bawa? Keinginan kuat untuk bekerjasama menanamkan nilai kebaikan ke anak-anak disana dalam aktivitas yang seru, sekaligus belajar dan berinteraksi dengan warga kampung sekitar," kata Nanda.



Berita Terkait