Foto : Agus Malasi

Guru Besar Undip Prof. Dr. Agus Maladi Irianto Tutup Usia

Ceknricek.com - Guru Besar Universitas Diponegoro (Undip) Prof. Dr. Agus Maladi Irianto telah tiada. Dosen Fakultas Ilmu Budaya dan penggerak kesenian itu mengembuskan nafas terakhir di RS Kariadi Semarang, Jawa Tengah, Jumat (15/3). Saat ini jenazah disemayamkan di Perum 369 View No.1 jalan Haji Hindrajid Mangunharjo Tembalang, Semarang

Nama Prof. Agus Maladi tidak asing di dunia seni. Ia sering tampil menjadi pembicara sebagai budayawan di forum-forum diskusi. Almarhum memberi kontribusi besar, baik dalam bentuk karya sastra yang dipublikasikan di sejumlah jurnal akademik dan surat kabar, maupun kiprahnya di bidang teater dan film. Almarhum bahkan pernah tercatat sebagai wartawan Pos Kota, Jakarta Jakarta, dan terakhir di Koran Sore (kini Harian Wawasan) Wawasan. 

Berbagai penghargaan pernah diraih pria kelahiran Wonosobo, 4 Agustus 1962 ini. Prof. Agus Maladi adalah penerima Satya Lencana Satya 20 Tahun dari Presiden Republik Indonesia (2013), dan Penulis Skenario dan Sutradara Film Pendek dan Dokumenter Terbaik Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (2014).

Almarhum meraih gelar doktor di Universitas Indonesia, Jakarta, dengan disertasi tentang infotainment. Untuk keperluan disertasinya, ia melakukan penelitian selama enam bulan, di kantor tayangan Cek & Ricek, kawasan Meruya Ilir, Jakarta Barat.



Berita Terkait