Sumber: google

Hari Ini, Google Doodle Peringati Hari Ayah Nasional

Ceknricek.com -- Jika Anda membuka laman Google hari ini, Selasa (12/11), tampak ilustrasi seeekor burung besar yang sedang memberi makanan kepada enam anaknya. Ilustrai Google Doodle itu dibuat untuk memperingati Hari Ayah Nasional yang diperingati setiap 12 November 2019. 

Peringatan Hari Ayah biasanya dirayakan dengan memberi hadiah bagi bapak serta kegiatan kekeluargaan dengan berkumpul bersama. Ungkapan terima kasih ini untuk menghormati ayah sebagai tulang punggung, sandaran, dan pelindung dalam rumah tangga. 

Dihimpun dari laman kemdikbud.go.id. di Indonesia, Sejarah Hari Ayah yang dirayakan pada 12 November berawal dari prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). 

Pada tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Acara ini disambut antusias oleh peserta sehingga menanyakan kapan peringatan yang sama untuk Ayah digelar. 

Setelah melalui kajian yang cukup panjang, pada 12 November, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal tersebut sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional. Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya'.  

Baca Juga: Google Doodle Peringati Hari Lahir Chrisye

Hari Ini, Google Doodle Peringati Hari Ayah Nasional
Sumber: Hiveminner.com

Di hari yang sama deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT.  

Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.  

Selepas deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di 4 penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote. Setelah itulah kemudian setiap tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.  

Di negara lain, Hari Ayah pun sudah mulai diperingati sejak awal abad ke-12  dengan makna sebagai hari untuk menghormati ayah. Peringatan Hari Ayah di Amerika dan lebih dari 75 negara lain seperti Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina dan Hongkong dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait