Sumber Foto: VoaIndonesia

Hari Ini Pesawat InSight NASA Mendarat di Mars

Ceknricek.com – Robot buatan NASA yang dirancang untuk mendarat di planet merah sebutan dari planet Mars itu akan mendarat hari ini, setelah menempuh perjalanan selama enam bulan perjalanan melintasi angkasa.

Dalam perjalanan nya sejauh 301 mil dari bumi, pesawat itu akan tiba pukul 3 sore waktu Amerika Timur.

Para ilmuwan telah menentukan dimana pesawat itu akan mendarat, yakni di dataran vulkanik bernama Elysium Planitia, alasanya yaitu karena disana mengandung lebih sedikit bebatuan dan tidak banyak angin kencang yang bisa menjatuhkan pesawat.

Apabila semua berjalan sesuai rencana, pesawat akan melalui langit Mars yang merah muda dengan kecepatan 19.000 kilometer per jam. Semakin dekat dengan permukaan maka akan di perlambat oleh gesekan atmosger, parasut raksasa dan roket retro. Sekitar enam menit sebelum melakukan pendaratan, robot ini akan melaju dengan kecepatan 8 kilometer per jam.

InSight merupakan robot yang menyelidiki kondisi seismic, geodetic dan transportasi panas Mars. Tujuan misi ini adalah untuk menempatkan pendarat stasioner yang akan dilengkapi dengan seismometer dan penyelidikan aliran panas di permukaan Mars.

Instrument utama InSight adalah seismometer buatan Prancis yang sangat sensitif, yang dirancang untuk mendeteksi getaran kecil apapun dari gempa Mars dan dampak meteor. 

Para ilmuwan mengharapkan dapat melihat selusin hingga 100 gempa selama misi. Sehingga penelitian dapat menghasilkan data untuk membnatu mereka menyimpulkam ukuran, kepadatan dan komposisi planet.

Pesawat yang dikelola NASA Jet Propulsion Leboratory (JPL) dari para ilmuwan beberapa negara, misi ini menelan biaya sekitar US $425 jut, dan belum termasuk dana peluncuran.