Sumber: hello magazine

Hugh Jackman, Dari Guru Olahraga Menjadi Wolverine

Ceknricek.com -- Siapa tak kenal karakter komik Wolverine? Sebagai salah satu ikon dari X-Men milik Marvel, ia dianggap sebagai sosok anti-hero yang paling diagungkan. Selama dua dekade terakhir, karakter ini identik dengan satu nama: Hugh Jackman.

Hari ini, Sabtu (12/10), aktor asal Australia itu genap berusia 51 tahun. Ia sendiri sudah resmi menanggalkan cakarnya dan pensiun sebagai Wolverine, usai film Logan (2017). Meski demikian, banyak fans berharap pria dengan tinggi 188 centimeter ini kembali tampil sebagai Wolverine.

Siapa sebenarnya Hugh Jackman?

Aktor bernama lengkap Hugh Michael Jackman ini lahir 12 October 1968, di Sidney, Australia. Ia merupakan anak bungsu dari pasangan Christopher John Jackman, seorang akuntan dan Grace McNeil. Hugh memiliki empat orang kakak yakni Ian, Ralph, Sonya dan Zoe.

Kedua orangtua Hugh merupakan imigran asal Inggris yang datang ke Australia setahun sebelum Hugh Lahir, melalui program Imigrasi 10 Pound, dimana para imigran hanya perlu membayar GBP10 untuk pindah dari Inggris ke Negeri Kangguru. Saat berusia 8 tahun, ia harus berpisah dengan ibunya dan kedua kakak perempuannya, setelah kedua orangtuanya bercerai dan ibunya kembali ke Inggris. Hugh bersama ayah dan kedua abangnya tetap di Australia.

Sumber: Getty Images

Saat masih kecil, Hugh sudah menyukai kegiatan outdoor, seperti berjemur di pantai dan kamping. Jiwa pengembaranya sudah ada sejak dirinya masih kecil. Ia bercita-cita ingin menjadi seorang koki di maskapai pesawat terbang.

“Saya senang memandangi langit saat malam hari. Saya memutuskan ingin menjadi koki di maskapai pesawat, karena saya mengira di pesawat ada makanan yang dijual dan pasti ada kokinya yang memasak. Saya pikir itu pekerjaan yang ideal,” kata Hugh dalam wawancara bersama Majalah People medio 2018 lalu.

Bakat Akting

Hugh sekolah di Sekolah Negeri Pymble lalu melanjutkan sekolahnya di sekolah khusus pria, Knox Grammar di bagian utara Sydney. Usai lulus, ia sempat bekerja di Sekolah Uppingham sebagai guru olahraga. Sekolah tersebut berada di kota kecil bernama Rutland yang berlokasi di Inggris. Hal ini yang membuat tubuhnya selalu bugar, termasuk memiliki kondisi fisik yang sempurna untuk memerankan Wolverine.

Sumber: Getty Images

Bakat akting Hugh terasah sejak di Knox Grammar School. Hugh kerap terlibat dalam beberapa pementasan drama dan juga terpilih menjadi kapten sekolah. Setelah menginjak usia dewasa, Hugh meneruskan pendidikan di Universitas Teknologi Sydney, dan mengambil gelar sarjana bidang komunikasi. Hugh lalu mengembangkan bakat aktingnya dengan mengikuti pelatihan satu tahun di Actors Centre, Sidney.

Usai mengikuti pelatihan akting, Hugh sempat ditawari untuk tampil di opera sabun TV Australia, Neighbours. Tawaran tersebut ditolak, lantaran Hugh ingin meneruskan kuliah di Western Australian Academy of Performing Arts di Edith Cowan University, Perth. Usai lulus tahun 1994, Hugh mulai terjun sebagai aktor dan memulai debutnya lewat serial TV Australia, Law of the Land.

Setahun kemudian, Hugh terpilih untuk memerankan karakter utama Kevin Jones di mini seri TV ABC, Correlli. Berkat kepiawaiannya memerankan tokoh narapidana jahat tersebut, nama Hugh pun mulai dikenal. Salah satunya memincut sutradara Bryan Singer, untuk berperan sebagai Logan atau sang Wolverine di X-Men (2000).

Totalitas Hugh dalam menjalankan peran Wolverine membuat karakter itu seperti terreinkarnasi, bahkan turut mengembangkan film X-Men menjadi beberapa seri berikutnya, yakni X2 (2003) dan X-Men: The Last Stand (2006).

Baca Juga: Daniel Radcliffe Tanggapi Rumor Gantikan Hugh Jackman di Wolverine

Fans bahkan meminta Wolverine untuk memiliki filmnya sendiri, sehingga produsen 20th Century Fox akhirnya mengeluarkan X-Men Origins: Wolverine (2009). Total, Hugh berperan sebagai Wolverine di 11 film X-Men. Termasuk diantaranya ialah Deadpool 2, dimana dirinya hanya tampil melalui video pengambilan gambar dari film-film sebelumnya.

Di luar dari perannya sebagai Wolverine, suami dari Deborra-Lee Furness itu juga membintangi beberapa film lainnya seperti Van Helsing (2004), The Prestige (2006), Les Miserables (2012) dan The Greatest Showman (2017). Ia juga pernah mendapat nominasi Academy Awards tahun 2012 sebagai pemeran pria terbaik untuk film Les Miserables.

Medali Kehormatan

Pada 13 September lalu, Hugh itu dianugerahi medali kehormatan Order of Australia. Upacara penobatan diadakan di Gedung Pemerintahan Canberra. Penobatan itu merupakan pengakuan negara atas kiprah serta sumbangsih Hugh untuk negaranya.

Sumber: Getty Images

“Perjalanan karier (Hugh) Jackman yang terkenal, sifatnya yang murah hati dan memiliki sifat patriotisme yang tulus telah membawa penghargaan besar bagi Australia. Dirinya layak mendapatkan pujian tertinggi dari negara," kata Sekretaris Jenderal Gubernur, Paul Singer seperti dilansir dari Sydney Morning Herald.

Selain kariernya di dunia seni pertunjukan, Hugh juga terlibat dalam advokasi kerja untuk mengakhiri kemiskinan. Saat dinobatkan dengan penghargaan tertinggi Order of Australia, ia mengaku itu ialah momen yang sangat emosional.

"Saya sangat bangga menjadi orang Australia. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang saya dapatkan, dengan dibesarkan di negeri tercinta,” kata Hugh.

Hugh Jackman juga dikenal aktif melalui kegiatan di bidang sosial lewat kerja sama dengan Fight Cancer Foundation dan Broadway Cares / Equity Fights AIDS. Ia sendiri merupakan penyintas kanker kulit di bagian hidung, dan telah melakukan operasi pada 2013 lalu.

Hugh dan istrinya juga mengadopsi dua anak, Oscar Maximilian Jackman yang kini berusia 17 tahun dan Ava Eliot Jackman yang kini berusia 12 tahun. Hugh juga dikenal sebagai orang yang religius, dan rutin melakukan meditasi Kristiani setiap hari.

BACA JUGA: Cek POLITIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 



Berita Terkait