Foto: AntaraNews.com

Indonesia Angkat Isu Ekonomi dan Lingkungan di KTT ASEAN

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang menyiapkan diri untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-34 ASEAN di Bangkok, 22-23 Juni 2019. Dalam kesempatan tersebut Indonesia akan membahas isu-isu ekonomi. Hal ini dikemukakan Jokowi dalam agenda rapat terbatas dengan sejumlah menteri di Istana Negara Jakarta, Rabu (19/6). 

"Kita harus menggunakan momentum sebaik-baiknya untuk merebut peluang-peluang yang ada terutama dalam rangka penguatan ekonomi negara dan kepentingan nasional kita," kata Jokowi.

Menurut Presiden, Indonesia dalam KTT Ke-34 ASEAN akan mengajak seluruh negara anggota bersatu mengantisipasi perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Hal itu perlu dilakukan untuk menjaga stabilitas ekonomi di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, Indonesia juga mengangkat pemberantasan sampah di laut. "Ketiga yang berkaitan dengan percepatan perdamaian di Rakhine State, Myanmar," ungkap Jokowi.

Sejumlah pejabat yang hadir dalam rapat itu -- antara lain -- Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Energi, dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong.

Tampak pula Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, serta Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.



Berita Terkait