Indonesia-Ethiopia Disatukan Dengan Biji Kopi | Cek&Ricek
Foto: The Ambassador Talk, bersama Duta Besar Ethiopia untuk Indonesia Admasu Tsegaye/Repro

Indonesia-Ethiopia Disatukan Dengan Biji Kopi

Ceknricek.com -- Perdagangan dan gaya hidup menjadi salah satu faktor pendorong untuk meningkatkan kolaborasi antara Indonesia dan Ethiopia. Duta Besar Ethiopia Admasu Tsegaye mengatakan, Indonesia dan Ethiopia memiliki kesamaan dalam hasil pertanian, yaitu biji kopi.

"Biji kopi merupakan salah satu komoditas pertanian dari kedua negara. Kemudian sangat populer di Indonesia dengan merebaknya 'gaya hidup minum kopi' bahkan menjadi trending topik khusus anak muda Indonesia," katanya dalam acara The Ambassador Talk yang diselenggarakan PT Kareem Internasional.  

Munculnya gaya hidup ini telah membawa tambahan nilai biji kopi, dan ini adalah kesempatan terbuka untuk membawa kedekatan budaya atau kerjasama antara dua komunitas.

“Orang Indonesia memiliki pengetahuan dalam pengemasan, dan kami dapat mengambil pengetahuan dari Indonesia untuk masuk dan membantu kami dalam pengemasan, dan transportasi. Sehingga selalu ada ruang untuk investasi tersebut,” ujar Tsegaye, dalam rilis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (23/2).

Ambassador Talk, merupakan program Talk Show yang digagas oleh Kareem International untuk mempererat hubungan ekonomi perwakilan negara-negara Indonesia dengan Afrika di Indonesia.

Di seri pertama ini, hadir Duta Besar Ethiopia Admasu Tsegaye sebagai pembicara, Staf KBRI Etiopia, beberapa warga Ethiopia, dan DR Phil Shiska Prabawaningtyas dari Paramadina Graduate School of Diplomacy (PGSD) yang akan berbicara hubungan bilateral Indonesia dan Ethiopia dari perspektif akademisi.

Sepakat dengan apa yang disampaikan duta besar,  Shiskha mengatakan bahwa cerita sejarah yang menceritakan tentang biji kopi dapat membawa kedekatan bahasa dan nuansa budaya antar anak muda.

“Mendengarkan gagasan jika kita minum kopi, orang juga akan merasakan jalan cerita di belakangnya. Bisa menjadi sangat  menarik untuk mengetahui tentang kopi yang berasal dari Ethiopia, kemudian Anda mendapatkan cerita tentang bagaimana cara berwisata kopi, dan ceritanya sendiri bisa menjadi nilai tambah,” ujar Shiskha. (Rmol.Id)

Baca juga: Dubes Kairo Lutfi Rauf Hadiri Festival Kopi Pertama Mesir


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait