Ini Rute Balapan Formula E Tahun 2020 di Jakarta | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Antaranews.com

Ini Rute Balapan Formula E Tahun 2020 di Jakarta

Ceknricek.com -- Jakarta siap menggelar balapan mobil listrik skala internasional, Formula E tahun 2020. Dalam gambaran rute yang telah disiapkan, nantinya para pembalap akan beradu kecepatan, melalui beberapa rute seperti kawasan Monumen Nasional (Monas).

"Gelaran balapan mobil listrik tingkat internasional digelar pertama kali di Indonesia pada 6 Juni 2020 mendatang," kata Direktur Utama PT Jakpro Dwi Wahyu Daryoto di DPRD Jakarta, Kamis (31/10) malam.

Dalam rapat bersama Komisi C DPRD DKI Jakarta itu disampaikan bahwa lintasan yang akan dilalui sepanjang 2,6 kilometer dengan titik awal (start) di sekitar Jalan Medan Merdeka Selatan. Selanjutnya masuk ke Jalan Medan Merdeka Timur lalu ke Jalan Silang Merdeka Tenggara.

Kemudian mengikuti putaran di Jalan Titian Indah di dalam kawasan Monas menuju Jalan Silang Merdeka Barat Daya dan berakhir di Jalan Medan Merdeka Selatan. Kegiatan itu juga dibagi empat zona, yakni Zona Formula E Manajemen yang meliputi area utama sirkuit. Zona Ekonomi lokal berada di Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan MH Thamrin.

Sumber: Getty Images

Baca Juga: Pemprov DKI Kirim Tim ke Chile Pelajari Seluk Beluk Listrik untuk Formula E

Zona Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Jalan Agus Salim, Jalan Kebon Sirih, Jalan Perwira, dan Lapangan Banteng. Selain itu, ada pula Zona Konser di Stadion Gelora Bung Karno.

Untuk mengadakan kegiatan internasional ini, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ditunjuk oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah mengusulkan anggaran sebesar Rp767 miliar.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kegiatan tahunan itu sangat ditunggu-tunggu termasuk masyarakat internasional. Dengan kegiatan itu, diharapkan dapat menggerakkan perekonomian Jakarta karena bukan sebatas olahraga saja, tetapi ada pariwisata yang turut "dijual" pemerintah daerah.

"Kami harap kegiatan ini bisa memberikan manfaat ekonomi lintas sektor," ujar Anies. 

BACA JUGA: Cek EKONOMI & BISNIS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 


Editor: Thomas Rizal


Berita Terkait