Biografi Soekarno

Inilah Biografi Soekarno Secara Singkat dan Lengkap yang Perlu Anda Ketahui

Ceknricek.com - Sebagai warga negara yang baik, pastilah Anda sudah tahu tentang sosok Soekarno sebagai tokoh paling berpengaruh di negara kita tercinta, Jasa dan rasa cinta yang diberikan Soekarno kepada Indonesia patut kita contoh serta jadikan tauladan untuk kita amalkan sekarang ini, Oleh karena itu, sangat bagus dan merupakan hal tepat bagi kita semua untuk mengenal sosok Soekarno melalui biografi Soekarno secara singkat.

Biografi Soekarno

Biografi Soekarno secara singkat dan lengkap, seperti anak, pendidikan, pasangan, waktu meninggal dan perjuangan soekarno
sumber: merahputih

Soekarno atau dengan nama lengkap Koesno Sosrodihardjo, merupakan sosok yang cukup dihargai dan dihormati oleh seluruh penduduk Indonesia. Apa yang telah dilakukan Soekarno sebelum dan sesudah kemerdekaan Indonesia, menjadikan ia sebagai salah satu warga asli tanah air dikenal oleh orang luar dan ditakuti oleh musuh musuh Indonesia pada masa penjajahan.

Lahir pada tanggal 6 Juni 1902, tepat di Kota Surabaya. Soekarno kecil adalah anak yang cerdas, jenius, berwibawa, dan mampu menguasai berbagai macam bahasa. Dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, menjadikan Soekarno sebagai seorang dipandang oleh dunia, terutama oleh kaum Belanda pada masa penjajahan saat itu.

Mempunyai latar belakang biografi Soekarno yang baik, ia menjadi salah satu penganut agama Islam cukup taat dan mempunyai perilaku sopan. Gaya berbicara dan tingkah laku yang dihadirkan selalu saja membuat orang akan merasa nyaman dan tenang berada di dekatnya. Soekarno atau yang dinobatkan sebagai proklamasi ini adalah presiden pertama Indonesia yang telah memproklamirkan negara Indonesia sebagai sebuah negara yang sudah bebas dan merdeka.

Sejarah Pendidikan Soekarno

Biografi Soekarno secara lengkap dan singkat, seperti anak, pendidikan, pasangan, waktu meninggal dan perjuangan soekarno
sumber: berdikarionline

Dilahirkan dari keluarga yang baik dan memiliki latar belakang sebagai keluarga orang kaya. Menjadikan Soekarno memperoleh pendidikan yang terbilang maksimal pada waktu itu. Memang, sejak kecil Soekarno sudah tidak tinggal bersama orang tuanya. Soekarno tinggal dan menetap dengan kakeknya bernama Raden Hardjokromo di daerah Tulung Agung, Jawa Timur. Bersama kakeknya ini, Soekarno banyak mengambil manfaat dan pelajaran hidup hingga menjadikan ia sebagai seseorang yang berguna bagi tanah air tersayang.

Soekarno sempat menempuh pendidikan saat tinggal bersama dengan kakeknya, namun ia tidak sampai sekolah dengan selesai atau pun tamat. Karena, berdasarkan biografi Soekarno yang kita peroleh dari berbagai sumber, Soekarno terpaksa pindah sekolah di Eerste Inlandse School di Mojokerto karena ke dua orang tuanya pindah ke sana.

Sekolah di sekolah Belanda, dimana ayahnya sendiri yang berperan sebagai salah satu guru di sekolah tersebut. Membuat Soekarno memiliki peluang besar untuk menyusun strategi guna melawan penjajahan.

Soekarno adalah anak yang rajin, tekun belajar, dan memiliki semangat yang begitu kuat untuk mengusir para penjajah dari tanah Indonesia.
Pada tahun 1911, Soekarno dipindahkan ke ELS yang setingkat dengan sekolah dasar (SD) pada masa sekarang ini. Perpindahan ini dilakukan dengan tujuan agar Soekarno bisa masuk ke sekolah HBS yang berada di Surabaya. Sekolah di Surabaya, membuat biografi Soekarno menjadi lebih dikenal oleh publik dan patut untuk dicari tahu.

Setelah tamat dan lulus dari sekolah HBS pada tahun 1915. Soekarno diputuskan oleh orang tuanya untuk tinggal bersama dengan salah satu teman ayahnya bernama Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Seorang sahabat sang ayah yang telah membantu Soekarno mengenal dunia perjuangan dan menjadikan Soekarno sebagai pejuang sejati hingga seorang pahlawan. Soekarno banyak belajar dari sahabat ayahnya ini dan menggarap ilmu cukup tinggi dari dirinya.

Istri dan Anak Soekarno

Biografi Soekarno secara singkat dan lengkap, seperti anak, pendidikan, pasangan, perjuangan soekarno dan waktu meninggal
sumber: fimela

Setelah mengetahui biografi Soekarno singkat tentang tempat kelahiran dan pendidikan yang pernah dienyam oleh Soekarno. Maka, kini saatnya bagi kita semua untuk memperoleh informasi mengenai istri dan anak anak dari Ir. Soekarno. Soekarno sendiri terkenal sebagai seorang suami dan ayah yang penyayang bagi anak anaknya.

Istri pertama Soekarno bernama Fatmawati, dimana ia adalah sosok istri yang telah membantu Soekarno dalam banyak hal, termasuk selama memperjuangkan Indonesia. Fatmawati adalah istri yang begitu baik dan penuh kasih sayang, ia tidak akan segan membagi kekuatannya untuk menyelamatkan tanah pertiwi dari tangan penjajahan. Bahkan, ibu Fatmawati adalah wanita Indonesia pertama yang merajut atau menjahit bendera merah putih untuk dikibarkan di atas tiang tinggi sebagai bukti bahwa Indonesia telah merdeka.

Jika kita melihat dan membaca biografi Soekarno, maka kita akan mendapatkan informasi dan berita bahwa Soekarno tidak hanya memiliki satu orang istri. Akan tetapi, bapak proklamator yang satu ini mempunyai dua orang istri lagi yang bernama Hartini dan Ratna Sari Dewi. Kedua perempuan ini juga telah menyumbangkan jasa mereka bagi Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Wanita wanita yang pernah mendampingi Soekarno, baik itu ibu Fatmawati, ibu Hartini atau pun ibu Ratna Sari Dewi. Tentu saja telah mengetahui dengan benar dan betul bahwa Soekarno adalah sosok pahlawan yang tak akan pernah tergantikan sampai kapanpun.

Soekarno mempunyai lebih dari satu orang anak yang diperoleh dari ketiga istrinya tersebut. Ada Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati, dan Guruh yang terlahir dari istri pertama, yakni ibu Fatmawati. Selanjutnya anak dari istri ke dua, Hartini bernama Taufan dan Bayu. Sedangkan pada istri ketiga, Soekarno hanya memiliki satu orang putri bernama Kartika. Semua anak Soekarno adalah anak anak yang cerdas dan mempunyai jiwa serta semangat tinggi untuk mengharumkan nama tanah air.

Bung Karno dan Momen 17 Agustus 1945

Biografi Soekarno secara singkat dan lengkap, seperti anak, pendidikan, pasangan, waktu meninggal dan perjuangan soekarno
sumber: liputan6

Soekarno atau yang lebih sering disebut Bung Karno adalah sosok pahlawan tak terganti sepanjang sejarah. Berkat Soekarno, Indonesia telah mampu merebut kemerdekaan dan tidak perlu lagi menjadi budak serta babu dari para penjajah Belanda maupun Jepang. Soekarno, lewat kemerdekaan membuktikan bahwa Indonesia berhak untuk memiliki kekuasaan dan pertahanan sendiri tanpa harus selalu berjalan di bawah kekuasaan orang asing.

Dengan membaca biografi Soekarno yang disajikan secara singkat di berbagai media hingga buku buku sejarah. Di dalamnya termaktub bahwa Soekarno atau Bung Karno lah yang pertama sekali membaca isi proklamasi dan menetapkan Indonesia sebagai sebuah negara berdaulat. Mesir, adalah negara pertama kali yang meyakini kemerdekaan Indonesia pada masa itu.

Momen bersejarah yang terjadi pada tanggal 17 Agustus tahun 1945, mencatat Indonesia sebagai negara merdeka. Dan hingga kini, tanggal dan waktu tersebut dinobatkan sebagai hari lahirnya Indonesia dengan wajah baru. Pada saat itu pula, Soekarno diangkat menjadi presiden atau pimpinan pertama Indonesia yang telah berhasil membentuk negara kesatuan ini menjadi makmur dan bebas dari para penjajah.

Tidak hanya itu, dalam biografi Soekarno kita dapat membaca bahwa Soekarno juga sudah berhasil membentuk Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pedoman bagi warga negara Indonesia. Pada tanggal itu pula, Mohammad Hatta sebagai teman seperjuangan, dinobatkan sebagai wakil presiden yang akan membantu Soekarno untuk menjalankan negara tercinta ini. Keduanya, yakni Soekarno-Hatta menjadikan Indonesia sebagai negara merdeka yang diakui negara asing, membentuk beberapa organisasi kemerdekaan guna mencegah kembalinya para penjajah ke tanah air.

Soekarno menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 21 Juni 1970. Kini, kita dapat berziarah ke makam Soekarno yang berada di Blitar, Jawa Timur. Semoga biografi Soekarno singkat di atas dapat menjadi ilmu pengetahuan atau bahan masukan tambahan bagi yang membutuhkan.


Editor: Breef


Berita Terkait