Jasa Marga Tangani Sejumlah Titik Genangan Air di Ruas Jalan Tol | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Sumber: Kompas

Jasa Marga Tangani Sejumlah Titik Genangan Air di Ruas Jalan Tol

Ceknricek.com --- PT Jasa Marga (Persero) Tbk menangani sejumlah titik genangan air di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta akibat hujan deras dengan intensitas tinggi sejak Selasa (12/12/19) malam.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru mengatakan sejumlah titik di ruas jalan itu hingga kini masih digenangi air.

"Terdapat genangan air setinggi lima hingga 10 sentimeter di lajur 1 dan dua tepatnya di Kilometer 27 sampai 26, KM 24, 21, 19, dan KM 17. Pengguna jalan masih dapat mengakses jalan tol dengan mengambil lajur 3 dan 4 dengan berhati-hati," katanya, Rabu (1/1/20).

Pihaknya juga melakukan pengalihan jalan bagi pengguna jalan dari Bekasi menuju Cawang ke Jalan Tol JORR untuk menghindari wilayah Jatibening, Kota Bekasi tepatnya di Kilometer 9 Tol Japek.

"Di titik itu genangan air tingginya mencapai 10 hingga 15 centimeter dan hanya bisa dilintasi kendaraan kecil pada lajur 4 saja," ungkapnya.

Pihaknya juga menutup sementara sejumlah Gerbang Tol akibat genangan air di antaranya GT Cikarang Barat 4 arah Jakarta, GT Cibitung 1 dan 2, GT Tambun, GT Cikarang Timur sejak pagi tadi.

Baca Juga: Hari Pertama Tahun 2020, Jabodetabek Diperkirakan Kembali Diguyur Hujan

Jasa Marga juga meminta pengguna jalan untuk mengantisipasi luapan Danau Grand Wisata, Tambun Selatan yang saat ini telah masuk ke lajur akses masuk Tambun.

Untuk memastikan kondisi jalan tetap aman untuk pengguna jalan saat ini petugas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek tengah menyiagakan perambuan serta penempatan petugas sebelum lokasi genangan air agar pengguna jalan dapat mengurangi kecepatan kendaraan dan mengantisipasi genangan air.

"Selain itu, untuk memastikan genangan air surut dengan cepat dan kondisi kembali seperti semula, kami juga menurunkan dua unit pompa diesel moveable, satu unit pompa submersible, dan empat unit pompa portable. Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini," kata Dwimawan.

Cipali

Antara melaporkan, hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, juga mengakibatkan jalur Tol Cipali KM 136 tergenang, namun masih bisa dilalui oleh kendaraan.

"Arus lalu lintas dari kedua arah masih normal, hanya laju kendaraan melambat," kata Kasatlantas Polres Indramayu AKP Ahmat Troy di Indramayu, Selasa (31/12).

Troy mengatakan setelah beberapa jam terjadi hujan deras di Indramayu bagian selatan mengakibatkan air menggenang di ruas jalan Tol Cipali KM 136.

Dengan kondisi tersebut, para pengendara melambatkan laju kendaraannya karena memang air cukup deras.

Akan tetapi arus lalu lintas lanjut Troy, masih normal dan tidak ada pengalihan arus atau rekayasa apa pun di jalan yang tergenang tersebut.

"belum ada pengalihan arus atau apa pun, kami siagakan anggota untuk mengatur lalu lintas di sana," ujarnya.

Troy menambahkan saat ini memang masih turun hujan, akan tetapi air yang menggenang di jalan Tol Cipali KM 136 sudah mulai surut.

"Genangan air sudah menurun, namun saat ini masih turun hujan," katanya.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait