Jelang Natal 2019, Jasa Marga Akan Aktifkan Tol Layang Jakarta-Cikampek | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Kompas

Jelang Natal 2019, Jasa Marga Akan Aktifkan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Ceknricek.com -- Menjelang puncak Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, PT Jasa Marga (Persero) berencana mulai mengaktifkan Tol Layang Jakarta-Cikampek (elevated) sepanjang 38 kilometer. Informasi ini sekaligus merevisi target operasional Tol Layang Jakarta-Cikampek yang semula dijadwalkan akhir November, menjadi pertengahan Desember 2019.

Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru Santoso, mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan pengguna jalan di musim libur jelang akhir tahun, sudah sewajarnya Tol Layang Jakarta-Cikampek dibuka.

"Saat ini masih dalam penyelesaian, tapi kita harapkan bisa difungsikan saat Nataru (Natal dan Tahun Baru)," ujar Heru, Rabu (20/11).

Menurut Heru, saat ini pembukaannya masih dalam sosialisasi. Artinya, kendaraan yang melintas belum akan dikenakan tarif.

Khusus Golongan 1

Tidak semua jenis kendaraan bisa melewatinya, sebab tol layang itu hanya dikhususkan untuk kendaraan golongan satu (1) atau kendaraan kecil dan mobil pribadi. "Meskipun secara konstruksi bisa dilewati kendaraan bermuatan besar, kendaraan non golongan satu masih harus lewat bawah. Sebab tujuannya ini untuk mengurangi kepadatan lalu lintas," kata Heru.

Baca Juga: Tol Layang Jakarta-Cikampek II Akan Beroperasi Akhir November

Ia menambahkan, jika kendaraan berat kondisinya masih belum berubah--sering melanggar aturan batas muat dan dimensi--tujuan adanya tol layang jadi tidak terlaksana. "Konstruksi jalannya ini kan menanjak, ditakutkan kendaraan berat tersebut sulit berjalan dan malah membuat antrean panjang," ujar Heru.

Sembari berjalan, pihak Jasa Marga dengan Kementerian Perhubungan dan Polda Metro akan menertibkan kendaraan over dimension and overload (ODOL), sehingga diharapkan saat akhir tahun, lalu lintas bisa lancar dan tidak ada kecelakaan fatal.

"Terkait rencana adanya emergency exit, hanya berupa tangga untuk mengevakuasi korban kecelakaan atau sejenisnya. Kita juga siapkan tempat berhenti sementara di beberapa titik," katanya.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait