Jepang Ciptakan Lagu Khusus Sambut Paus Fransiskus | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Reuters

Jepang Ciptakan Lagu Khusus Sambut Paus Fransiskus

Ceknricek.com -- Menyambut kedatangan Paus Fransiskus, Jepang menyiapkan lagu khusus yang ditulis Jun Inoue berjudul Protect all Life - The Signs of the Times. Menurut Inoue, lagu ini didasarkan pada tema kunjungan paus ke Jepang dan sebagian dikomposisikan menggunakan program kecerdasan buatan (AI) yang diciptakannya. Kecerdasan yang dimaksud adalah menulis satu musik dalam beberapa detik.

Inoue, seorang produser dan komposer yang telah menulis untuk band-band top seperti Arashi mengatakan dia sangat sedih menggunakan program AI tetapi akhirnya memutuskan untuk memasukkannya karena sejarah musik dan teknologi saling terkait.

"Saya pikir saya harus memberikan semua yang saya miliki untuk lagu itu, jadi saya memutuskan untuk memasukkan semua teknologi mutakhir yang saya miliki," katanya kepada Reuters, Kamis (21/11). Dia menulis bersama dengan "Amadeus Code AI".

Lagu yang ditulis atas perintah Konferensi Waligereja Jepang itu, akan dimainkan secara massal di kota Nagasaki dan Tokyo dalam beberapa versi, termasuk instrumental dan karaoke.

Baca Juga: Paus Fransiskus Bertemu Raja Thailand

Ada juga langkah-langkah tarian dan versi bahasa isyarat Bahasa Jepang untuk lirik lagu, dengan video pengajaran yang diunggah di situs resmi kunjungan Paus. Inoue berharap para umat di misa umum, akan bernyanyi dan menari bersama dengan lagu tersebut.

Meskipun gerak kaki sederhana, terdiri atas langkah-langkah dari sisi ke sisi, bahasa isyarat memerlukan lebih banyak waktu untuk dikuasai.

"Ada banyak orang yang hidup di dunia tanpa suara, dan saya ingin mereka juga memahami arti dari lirik dan pesannya," kata Inoue.

Lagu tema untuk kunjungan kepausan telah disusun sebelumnya. Satu telah diluncurkan di Thailand, yang dikunjungi Paus sebelum Jepang.

Kunjungan Paus ke Negeri Matahari Terbit dari 23-26 November, adalah kunjungan paus yang kedua, sejak Paus Yohanes Paulus II 38 tahun silam.

BACA JUGA: Cek OPINI, Opini Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait