Jerman Segera Lakukan Vaksinasi COVID-19 Pada Tanggal 27 Desember | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Vaksin COVID-19 dari Pfizer (Freepik)

Jerman Segera Lakukan Vaksinasi COVID-19 Pada Tanggal 27 Desember

Ceknricek.com -- Di tengah lonjakan kasus baru, Pemerintah Jerman memutuskan segera melakukan vaksinasi COVID-19 pada 27 Desember 2020.

Otoritas Berlin pada Rabu, (16/12/20) mengungkapkan vaksin Pfizer-BioNTech akan menjadi vaksin yang disuntikan kepada kelompok prioritas khusus lansia di panti jompo.

Seperti dilansir Reuters yang dipantau di Jakarta, Kamis, (17/12/20) keputusan dan pengumuman vaksinasi tersebut datangl ketika Jerman mencatat jumlah kematian harian tertinggi dari COVID-19 dan saat negara itu memasuki penguncian ketat dalam upaya untuk menurunkan lonjakan penularan corona.

Sebagai anggota Uni Eropa, Jerman harus menunggu Badan Obat Eropa/European Medicines Agency (EMA) untuk menyetujui vaksin tersebut. Diharapkan untuk membuat pengumuman pada 21 Desember.

Seorang pejabat senior UE mengatakan pada hari Rabu bahwa Uni Eropa dapat memberikan persetujuan akhir untuk vaksin Pfizer-BioNTech pada 23 Desember.

"Negara bagian federal akan mulai vaksinasi terhadap virus corona baru SARS-CoV-2 pada 27 Desember," kata pemerintah kota Berlin dalam sebuah pernyataan setelah konferensi antara Menteri Kesehatan Jens Spahn dan pejabat kesehatan dari 16 negara bagian Jerman.

Klik video untuk tahu lebih banyak - SOSIALISASI 3M DARI CAMELIA MALIK

Spahn telah menyatakan frustrasi atas kurangnya persetujuan vaksin yang sebagian dikembangkan di Jerman bahkan ketika negara-negara seperti Inggris dan Amerika Serikat sedang meluncurkannya.

Jumlah kematian COVID-19 yang terdaftar melonjak rekor 952 pada hari Rabu. Rekor sebelumnya adalah 598 Jumat lalu.

Namun, angka kasus COVID-19 pada hari Rabu tidak sepenuhnya sebanding dengan hari-hari sebelumnya karena angka kasus meningkat oleh masalah teknis di satu negara bagian, kata Institut Robert Koch untuk penyakit menular, yang mengumpulkan data.

Ketakutan bahwa pandemi semakin tidak terkendali mendorong Kanselir Angela Merkel dan gubernur negara bagian mengumumkan pada hari Minggu penguncian yang ketat dari 16 Desember hingga setidaknya 10 Januari.

Toko-toko dan sekolah akan tetap tutup dalam pengetatan pra-Natal setelah penguncian sebagian pada November, yang menutup bar dan restoran tetapi gagal menahan gelombang kedua pandemi.

Jerman lebih berhasil daripada banyak negara dalam mengendalikan virus corona pada gelombang pertama di musim semi, tetapi situasinya terlihat berbeda sekarang.

Robert Koch Institute menyebutkan hingga Rabu (16/12/20) jumlah kasus yang dikonfirmasi di 1.379.238, meningkat 27.728. Total korban tewas di Jerman adalah 23.427. Insiden kasus tujuh hari meningkat menjadi 180 per 100.000 orang dari 174 kasus.

Baca juga: Warga Kanada Sambut Gembira Vaksinasi COVID-19

Baca juga: Setelah Pfizer, Kini Kanada Borong Vaksin COVID-19 dari Moderna



Berita Terkait