Sumber Foto: kompas.com

Jokowi Coba MRT Rute Bundaran Hotel Indonesia – Lebak Bulus

Ceknricek.com – Presiden Joko Widowo (Jokowi) mencoba moda transportasi baru Moda Raya Terpadu (MRT), Selasa (6/11) pagi. 

Jokowi berangkat dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia menaiki kereta MRT menuju ke Depo Lebak Bulus. Setelah menempuh jarak sekitar 16 km, Jokowi tiba di Stasiun Lebak Bulus pukul 09:55 WIB.

Turut hadir dalam peninjauan itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, dan Dirut MRT Jakarta William P. Sabandar.

“Saat tadi kami naik dengan kecepatan 60 km per jam. Suaranya tidak ada bisingnya, tidak terdengar. Saya kira bagus sekali,” ucap Jokowi di Depo Lebak Bulus, seperti dikutip Kompas

Jokowi menambahkan, pengerjaan MRT sudah mencapai 97 persen. Targetnya pada Maret 2019, masyarakat sudah dapat menikmati transportasi ini untuk menunjang aktivitas.

 

Rencana Perpanjangan Jalur

Jokowi menyampaikan perihal rencana perpanjangan jalur MRT dari Jakarta ke Tangerang Selatan (Tangsel). Ia berkata bahwa kelak MRT juga tersedia dari Balaraja hingga Tangsel. 

“Dari Balaraja sampai Tangerang Selatan, tapi belum diputuskan,” ungkap Jokowi, seperti dikutip Detik.

Ia juga mengharapkan pembangunan jalur menuju Ancol dapat direalisasikan tahun 2019.

“Diharapkan tahapan kedua, HI sampai Ancol dimulai tahun depan plus parallel yang east-west-nya dimulai tahun depan,” jelas Jokowi.

Sebelumnya, Direktur Keuangan PT MRT Jakarta Tuhiyat menyampaikan bahwa perpanjangan trayek itu merupakan permintaan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. 

Setelahnya, PT MRT Jakarta melakukan studi kelayakan untuk menentukan diterima atau tidaknya permintaan itu. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek juga telah menyampaikan usulan jalur yang dilewati rute tersebut. Tertulis dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek, pada awalnya perpanjangan dimulai dari stasiun terakhir di Lebak Bulus hingga Pondok Cabe, Tangsel.

 

Usulan Tarif Rute Terjauh MRT Rp13.000

PT MRT Jakarta telah melakukan kajian terkait tarif MRT dengan panjang rel tahap pertama 16 km. Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Agung Wicaksono menyampaikan hasil kajian telah diajukan ke Pemprov DKI Jakarta.

“Tarif sudah lakukan kajiannya, dan sudah studi. Dan sudah sampaikan usulannya ke pemerintah,” ujar Agung, di Jakarta, Kamis (4/10), seperti dikutip Liputan6.

Agung menjelaskan perhitungan tarif MRT berdasarkan jarak. Untuk 10 km pertama, penumpang dikenakan biaya Rp8.500. Lewat dari 10 km, penumpang menambah Rp700 per km. 

Berdasarkan ketentuan itu, Agung memperkirakan total biaya rute Lebak Bulus- Bundaran Hotel Indonesia atau sebaliknya sebesar Rp13.000. 

“Dihitung saja, Rp8.500 10 km. Kalau sampai ujung 16 km, rata-rata 13 ribu. Dari ujung ke ujung ya, ini tergantung, dari Lebak Bulus turun di mana,” bebernya.



Berita Terkait