Jokowi Perintahkan TNI Turun Bantu Tangani Pasien Covid-19 Gejala Ringan | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Ashar/Ceknricek.com

Jokowi Perintahkan TNI Turun Bantu Tangani Pasien Covid-19 Gejala Ringan

Ceknricek.com-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan TNI untuk turun membantu penanganan pasien Covid-19. Mereka akan menangani pasien yang tidak bergejala atau bergejala ringan.  Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedy Permadi mengungkapkan Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Luhut Binsar Panjaitan telah mengarahkan agar Asisten Operasional TNI mengumpulkan data-data kasus positif. Nantinya data ini akan dijadikan dasar mendirikan shelter atau tempat-tempat perawatan dari TNI.

“Lokasi shelter akan ditentukan bersama Kementerian Kesehatan untuk menghindari tumpang tindih dengan upaya-upaya yang sudah dilakukan Puskesmas,” kata Dedy saat menyampaikan perkembangan terkini terkait dengan implementasi PPKM Darurat secara virtual, Minggu (11/7/21).

Dedy memastikan, penanganan pasien Covid-19 oleh TNI akan didukung dokter dan tenaga kesehatan yang ada, serta tambahan tenaga kesehatan dan dokter yang sedang dalam masa Pendidikan. TNI juga diberikan amanat mendistribusikan paket obat yang telah disediakan BUMN.

“Koordinator PPKM Darurat juga memberi arahan kepada TNI dan Polri untuk memetakan peluang penambahan tempat perawatan, baik untuk isolasi maupun untuk perawatan intensif di seluruh Jawa dan Bali,” ujar Dedy. Diharapkan Dedy, seluruh Komando Daerah Militer atau Kodam beserta jajarannya segera memberikan opsi penambahan Rumah Sakit.  Dedy juga mengatakan, Kemenkes dan Satgas Penanganan Covid-19 di BNPB akan mendukung penyediaan barang-barang atau alat kesehatan yang diperlukan. Target pemerintah adalah ruang isolasi dan ruang perawatan intensif di seluruh Jawa-Bali akan ditingkatkan 40% dari kapasitas sebelumnya.

“Pemerintah sangat mengapresiasi pengabdian personel TNI/Polri yang selalu siap terjun, saling membantu, dan bekerja sama menyelamatkan saudara sebangsa,” ujar Dedy.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait