Jokowi Prediksi Sektor Pariwisata Bakal Booming Tahun Depan | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Jokowi Prediksi Sektor Pariwisata Bakal Booming Tahun Depan

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan sektor pariwisata akan mengalami booming pada 2021 setelah wabah Virus Korona baru atau Covid-19 berlalu.

Hal itu dia sampaikan dalam Rapat Terbatas melalui konferensi virtual dengan topik Mitigasi Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari Istana Merdeka Jakarta, Kamis, (16/4).

“Saya meyakini ini hanya sampai akhir tahun, tahun depan akan terjadi booming di bidang pariwisata,” kata Jokowi.

Dia memperkirakan pada 2021 semua orang ingin keluar dan semua orang ingin menikmati keindahan. Terlebih setelah sekian lama mereka harus lebih banyak tinggal di rumah untuk menekan penyebaran wabah korona pada bulan-bulan sebelumnya.

Baca juga: Pemprov DKI Perpanjang Penutupan Industri Pariwisata hingga 19 April 2020

Jokowi mengajak para pelaku dan industri pariwisata untuk tetap optimistis. Baca “Optimisme itu yang harus terus diangkat, jangan sampai kita terjebak pesimisme karena masalah Covid-19 ini sehingga booming yang muncul setelah Covid-19 ini selesai tidak bisa kita manfaatkan secara baik,” katanya.

Menurut dia, booming pada sektor pariwisata harus mulai dipersiapkan dan dimanfaatkan dengan baik. Ia ingin memastikan penyaluran stimulus ekonomi bagi pelaku usaha di sektor pariwisata berjalan dengan baik agar mereka bisa bertahan dan tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran.

Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor industri yang terdampak dari situasi pandemi Covid-19. Hal itu terlihat dari tingkat okupansi hotel yang menurun drastis, omzet restoran yang tertekan, hingga UMKM seperti sektor suvenir kerajinan tangan yang kehilangan pelanggan dari kalangan wisatawan.

BACA JUGA: Cek OPINI, Opini Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.



Berita Terkait