Jokowi Sebut 433 Desa Belum Teraliri Listrik, Papua Terbanyak | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Jokowi Sebut 433 Desa Belum Teraliri Listrik, Papua Terbanyak

Ceknricek.com -- Presiden Joko Widodo menyebut sekitar 433 desa di empat provinsi  belum mendapat aliran listrik. Keempat provinsi ittu yakin Papua (325 desa) Papua Barat (102 desa), Provinsi NTT (5 desa ) dan Maluku (1 desa).

"Untuk 433 desa yang belum berlistrik saya minta diidentifikasi secara jelas," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Jumat, (3/4).

Sejumlah opsi untuk mengaliri listrik ke 433 desa tersebut antara lain dengan pemasangan ekstensi jaringan listrik atau pembangunan mini "grade" seperti "microhydro", Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau distribusi tabung listrik yang dilengkapi dengan stasiun pengisian energi listrik.

"Desa mana yang berdekatan dengan desa yang telah berlistrik, desa mana yang jarak rumah berjauhan dan berdekatan sehingga kita dapat menentukan pendekatan teknologi yang tepat," ungkap Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu meminta kepada jajarannya untu menggunakan strategi yang tepat agar pasokan listrik bisa didistribusikan ke daerah tersebut.

"Sebanyak 433 meski jumlahnya sedikit bila dibanding jumlah desa di seluruh tanah air yaitu 75 ribu tapi apapun ini harus kita selesaikan," ujar Jokowi.

"Saya minta program listrik untuk desa, desa berlistrik ini betul-betul memberikan nilai tambah bagi peningkatan produktivitas ekonomi di desa sehingga program berlistrik perlu ada sambungannya dengan program pemanfaatan listrik yang efisien," tambahnya.

Dia menyebut yang perlu disasar dalam pemasangan itu yang paling diutamakan adalah  industri rumah tangga, industri rumahan maupun membantu penerangan anak-anak dalam belajar.

"Kita harapkan dengan adanya listrik anak-anak dapat belajar di malam hari dengan penerangan lampu yang cukup sehingga kualitas pendidikan kita juga meningkat," tandas Jokowi.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait