Karya Seni Unik Menggunakan Teknik Stensil Pada Aluminium  | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Karya Seni Unik Menggunakan Teknik Stensil Pada Aluminium 

Ceknricek.com -- Penganugerahan penghargaan Uob Painting of The Year 2019 diberikan untuk para seniman berbakat menghasilkan karya seni yang tidak biasa. Bukan sekadar melukis, tapi pemenang berhasil mengekspresikan kreatifitas mereka di atas kanvas.

Agung Hujatnikajennong, kurator dan praktisi seni Indonesia mengatakan, pemenang yang terpilih tahun ini merupakan seniman berbakat, hasil karyanya dengan menggunakan teknik stensil pada alumunium yang unik, sehingga perupa tersebut menarik perhatian pada isu sosial yang membentuk masyarakat hari ini.

“Setelah melalui proses diskusi yang panjang karya Anagard yang berjudul 'Welcome Perdamaian, Goodbye Kedengkian' jadi pemenang karya terbaik tahun ini. Busana tradisional yang digunakan oleh sosok manusia dalam karya tersebut seringkali kita lihat pada acara pernikahan tradisional yang menggambarkan aspek antar-budaya pada dua keluarga,” kata Agung di Museum Nasional Jakarta, Kamis (17/10).

Karya Seni Unik Menggunakan Teknik Stensil Pada Aluminium 
Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Baca Juga: Inside Studios Kumpulan Karya Seniman Hebat Indonesia

Tak hanya itu, peserta lain yang mendapatkan penghargaan dari kompetisi ini tidak menggunakan media konvensional seperti cat. Mereka berhasil mengganti cat dengan barang yang digunakan sehari-hari, misalnya plastik, kain perca, karung hingga tali rafia yang ditempel di atas kanvas dengan berbagai teknik dari yang sederhana hingga rumit. 

“Seni lukis merupakan aktivitas yang menggunakan cat di atas kanvas, namun material-material yang kita temukan dan pakai sehari-hari bisa menjadi material dalam seni melukis,” jelasnya.

Dia menilai karya para pemenang seniman ini tidak jauh berbicara tentang lingkungan, gender dan politik. Sehingga melalui kompetisi ini diharapkan para seniman berbakat menjadi penyumbang kemajuan seni di Indonesia.

“Penghargaan ini tentu saja menjadi pendorong para seniman untuk membuat karya yang dapat membanggakan Indonesia. Insan seni harus terus berkarya,” tutupnya. 

BACA JUGA: Cek BUKU & LITERATUR, BeritaTerkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar


Berita Terkait