Kasus Melonjak, Rusia Kampanye Suntikan Vaksin Penguat | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Kasus Melonjak, Rusia Kampanye Suntikan Vaksin Penguat

Ceknricek.com -- Klinik-klinik kesehatan di Moskow akan mulai menawarkan suntikan vaksin penguat terhadap Covid-19 pada Kamis, (1/7/21) kata wali kota Moskow Sergei Sobyanin.

Kampanye penggunaan vaksin penguat itu dilakukan ketika para petugas di Rusia berjuang untuk menahan lonjakan kasus Covid-19 yang diduga disebabkan oleh varian Delta yang sangat menular.

Kementerian kesehatan Rusia pada Rabu (30/6/21) mengatakan vaksinasi ulang akan dimulai pada 1 Juli, menurut laporan beberapa kantor berita.

Langkah itu menjadikan Rusia salah satu negara pertama di dunia yang secara resmi meluncurkan program suntikan vaksin penguat untuk orang-orang yang sudah divaksin sepenuhnya.

Wali kota Moskow Sergei Sobyanin mengatakan vaksinasi ulang tersedia dengan menggunakan salah satu dari empat vaksin Rusia yang terdaftar, tetapi vaksin unggulan Sputnik V dan satu komponen vaksin Sputnik-Light awalnya akan digunakan di delapan klinik di seluruh kota tersebut.

Kementerian kesehatan Rusia pada Rabu mengeluarkan peraturan baru yang secara resmi merekomendasikan vaksinasi ulang.

Menurut data dari situs Worldometers secara real time, hingga Kamis (1/7/21), angka kasus secara global telah mencapai 182.996.487 atau lebih dari 182 juta kasus.

Angka kasus kematian di seluruh dunia saat ini tercatat sebanyak 3.963.160 kasus, sementara yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 167.577.932 kasus.

Jumlah kasus aktif saat ini tercatat 11.455.386 yang mana 99,3 persen dalam kondisi bergejala ringan, sementara 0,7 persen dalam kondisi bergejala berat, atau bahkan kritis.

Menurut penghitungan global, Rusia menjadi negara dengan jumlah kasus tertinggi ke-5 di dunia  setelah Amerika, India, Brazil dan Prancis, dengan 5.514.599 kasus serta 135.214 jumlah kematian. (Reuters/Antara).



Berita Terkait