Kemendikbud-Pemprov DKI Gelar Pekan Peringatan Hari Museum Indonesia 2019 | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Kemendikbud

Kemendikbud-Pemprov DKI Gelar Pekan Peringatan Hari Museum Indonesia 2019

Ceknricek.com -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBM) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan pekan peringatan Hari Museum Indonesia 2019 di Taman Fatahillah, Kawasan Kota Tua, Jakarta, dari Senin (7/10) hingga Minggu (13/10) mendatang. Peringatan Hari Museum Indonesia tahun ini mengusung tema “Museum Menyatukan Keberagaman” dengan tagar 'Nyok,Kite ke Museum'.

Acara tersebut dibuka di Taman Fatahillah, Kawasan Kota Tua, Senin (7/10). Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudm Hilmar Farid mengapresiasi para pengelola museum yang telah berjasa menyimpan berbagai macam artefak peninggalan dari masa lalu. Ia berpesan agar pengelola museum tetap berinovasi untuk mengembangkan museum dan berharap museum dapat memberikan layanan lebih baik lagi kepada publik.

Jumlah museum di Indonesia saat ini tercatat sebanyak 439 museum. Menurut Hilmar Farid, kehadiran museum bagi bangsa Indonesia sangat penting, terutama dalam upaya pelestarian dan pemajuan kebudayaan, terutama setelah terbit Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Foto: Kemendikbud

"Berbagai budaya dan kearifan masa lalu bisa kita temukan di sana (museum). Di samping itu, museum juga merupakan ruang publik dalam pemajuan kebudayaan, tempat bertemunya masyarakat dari berbagai latar belakang," ujar Dirjen Hilmar Farid.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud, Fitra Arda berharap peringatan Hari Museum Indonesia kali ini tidak hanya sebagai model belaka. Peringatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran museum, baik sebagai tempat pelestarian, pengkajian, edukasi, maupun kesenangan dan rekreasi, sehingga museum tetap menjadi ruang publik berbagai kegiatan.

Baca Juga: Museum Prasasti Dalam Lintasan Sejarah

Sumber: Instagram @harimuseum

"Museum adalah rumah peradaban, tempat tumbuh dan berkembangnya kemampuan berpikir serta kreativitas masyarakat. Museum berfungsi sebagai pendorong tumbuhnya rasa bangga dan cinta Tanah Air (nasionalisme) serta menjadi objek wisata yang mengedepankan unsur pendidikan dan pelestarian warisan budaya. Tentu yang tidak kalah pentingya adalah menjadi pusat informasi dan dokumentasi warisan budaya bangsa," katanya.

Sumber: Instagram @harimuseum

Puncak peringatan Hari Museum Indonesia juga akan digelar di Taman Fatahillah, Minggu (13/10). Masyarakat dapat mengikuti rangkaian peringatan Hari Museum Indonesia 2019 secara gratis selama sepekan penuh. Salah satu pameran yang ditampilkan adalah pameran sejarah museum bertajuk “Beda Rupa Banyak Cerita”.

BACA JUGA: Cek OPINI, Opini Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 



Berita Terkait