Foto: Ashar/ceknricek.com

Kemenhub: Penurunan TBA Berlaku untuk Maskapai Full-Service, Median Service, dan LCC

Ceknricek.com -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan kepastian Tarif Batas Atas (TBA) penerbangan sesuai Keputusan Menteri (KM) KM 72 Tahun 2019 berlaku untuk semua penerbangan kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri dan bermesin jet.

Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti dalam konferensi pers di kantor Kementerian Perhubungan di Jakarta, Kamis (16/5).

Menurut Polana, penurunan TBA tiket pesawat ini berlaku sebesar 12% hingga 16% dan tetap mengedepankan faktor-faktor substansial seperti keselamatan, keamanan dan juga on time performance tetap menjadi prioritas.

Terkait TBA apakah berlaku untuk kelas pelayanan full-service, Polana mengatakan, kelas pelayanan full-service masuk di dalam ekonomi angkutan udara niaga berjadwal.

Foto: Ashar/ceknricek.com

''Jadi tarif tetap berlaku untuk pelayanan full-service, median service, dan pelayanan LCC," ujar Polana.

Peraturan ini tetap berlaku untuk pelayanan LCC sebagai maskapai penerbangan bertarif rendah. Polona menambahkan terkait komponen biaya yang memberikan kontribusi terhadap penurunan TBA, berasal dari operasional pesawat udara di bandara, efisiensi bahan bakar dan jam operasional pesawat.

"Komponen-komponen ini sangat dipengaruhi kurs rupiah harga tiket TBA+PPN+Iuran Wajib Jasa Raharja+tuslah bila ada," katanya.

Polana berharap penurunan dipahami oleh masyarakat karena TBA ini bersifat fluktuatif, yaitu tidak hanya dipengaruhi single faktor tetapi multi faktor.

"Penurunan TBA berdasarkan operasional penerbangan, jasa kebandarudaraan, jasa pelayanan navigasi penerbangan, pajak, asuransi, dan lainnya," katanya.



Berita Terkait