Kondisi Gunung Merapi 8 Desember: Status, Lokasi dan Rekomendasi PVMBG | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: PGM Kaliurang 2020

Kondisi Gunung Merapi 8 Desember: Status, Lokasi dan Rekomendasi PVMBG

Ceknricek.com -- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengeluarkan guguran material pada Selasa (8/12/20), dengan jarak luncur 200 meter ke arah barat.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida melalui keterangan resminya, Selasa, (8/12/20) menyatakan guguran material itu tercatat keluar dari Gunung Merapi pada pukul 09:17 WIB dengan suara yang terdengar dari Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Babadan.

"Baru saja konfirmasi dengan bapak pengamat, guguran ke arah barat dengan jarak luncur 200 meter," kata Hanik sebagaimana dikutip dari Antara.

Aktivitas Terkini Gunung Merapi

Status

Level III (Siaga)

Lokasi

Gunung Api Merapi terletak di Kab\Kota Sleman, Magelang, Boyolali, Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan posisi geografis di Latitude -7.542°LU, Longitude 110.442°BT dan memiliki ketinggian 2968 mdpl.

Pengamatan Visual

Gunung api terlihat jelas. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 50 meter dari puncak. Cuaca cerah, angin lemah hingga sedang ke arah timur.

Keterangan Lainnya

Nihil

Klimatologi

Cuaca cerah, angin lemah hingga sedang ke arah timur. Suhu udara sekitar 22.5-30.7°C. Kelembaban 41-68%. Tekanan udara 625.2-708 mmHg.

Pengamatan Kegempaan

5 kali gempa Guguran dengan amplitudo 4-45 mm dan lama gempa 15.3-79.8 detik.

6 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 3-10 mm, dan lama gempa 11-15 detik.

49 kali gempa Hybrid/Fase Banyak dengan amplitudo 3-25 mm, S-P 0.3-0.4 detik dan lama gempa 6.4-11.4 detik.

12 kali gempa Vulkanik Dangkal dengan amplitudo 40-75 mm, dan lama gempa 14.4-32.4 detik.

Rekomendasi

1. Prakiraan daerah bahaya meliputi:

A. Provinsi DIY

a. Kab. Sleman. Kec. Cangkringan: Desa Glagaharjo (Dusun Kalitengah Lor); Desa Kepuharjo (Dusun Kaliadem); Desa Umbulharjo (Dusun Palemsari). 

B. Provinsi Jawa Tengah

a. Kab. Magelang. Kecamatan Dukun: Desa Ngargomulyo (Dusun Batur Ngisor, Gemer, Ngandong, Karanganyar); Desa Krinjing (Dusun Trayem, Pugeran, Trono); Desa Paten (Babadan 1, Babadan 2)

b. Kab. Boyolali. Kecamatan Selo: Desa Tlogolele (Dusun Stabelan, Takeran, Belang); Desa Klakah (Dusun Sumber, Bakalan, Bangunsari, Klakah Nduwur); Desa Jrakah (Dusun Jarak, Sepi); 

c. Kab. Klaten. Kec. Kemalang: Desa Tegal Mulyo (Dusun Pajekan, Canguk, Sumur); Desa Sidorejo (Dusun Petung, Kembangan, Deles); Desa Balerante (Dusun Sambungrejo, Ngipiksari, Gondang)

2. Penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di G. Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan.

3. Pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III G. Merapi termasuk kegiatan pendakian ke puncak G. Merapi.

4. Pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten agar mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan G. Merapi yang bisa terjadi setiap saat.

5. Jika terjadi perubahan aktivitas G. Merapi yang signifikan, maka status aktivitas G. Merapi akan segera ditinjau kembali.

Baca juga: BPBD DIY Temukan Banyak Longsoran Baru di Gunung Merapi

Baca juga: Selain Sungai Gendol, Potensi Guguran Lava Merapi Juga Mengarah ke Kali Senowo dan Lamat



Berita Terkait