Lakon ‘Preman Parlente’ Tayang Daring di YouTube | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Lakon ‘Preman Parlente’ Tayang Daring di YouTube

Ceknricek.com -- Program #NontonTeaterDiRumahAja dari Bakti Budaya Djarum Foundation akan kembali mengajak para penikmat seni untuk menyaksikan rekaman lakon dari Indonesia Kita, kali ini "Preman Parlente" Kamis (4/6).

Lakon yang menyuguhkan budaya pop ini akan tayang pada 6 dan 7 Juni pukul 15.00 WIB di laman Indonesia Kaya dan saluran YouTube IndonesiaKaya.

"Preman Parlente" merupakan rekaman pementasan yang berlangsung pada 2-3 Maret 2018 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Sederet seniman yang terlibat di sini antara lain Butet Kartaredjasa, Agus Noor, almarhum Djaduk Ferianto, Viky Sianipar, dan Paulus Simangunsong.

Tema Budaya Pop: Dari Lampau ke Zaman Now mereka hadirkan sebagai wujud berpendapat kebudayaan, dengan seluruh hasil karya ciptanya, merupakan sebuah proses penciptaan yang terus-menerus berlangsung, mengikuti pola pikir masyarakat.

Tema ini juga muncul karena kesadaran setiap era, selalu muncul tafsir, bentuk, ungkapan, bahkan ekspresi-ekspresi baru yang tak bisa dilepaskan dari proses mengolah kebudayaan yang diwariskan sebelumnya.

Demikian pula dengan karya seni yang selalu membuka dan memberi ruang untuk kreativitas, sehingga masyarakat dapat berekspresi untuk merayakan perubahan. Budaya pop sering dilihat sebagai ekspresi yang menandai perubahan itu.

Baca juga: Pamit dari James Bond, Daniel Craig: Semua Sudah Selesai

“Kesenian yang tumbuh di wilayah budaya pop, dengan caranya yang unik seringkali memperlihatkan proses kreativitas sebuah generasi dalam menanggapi perubahan zaman, sekaligus kehendak untuk mengolah tradisi agar terus relevan dengan situasi zaman," kata Agus Noor, selaku tim kreatif dan sutradara pementasan Preman Parlente.

"Budaya pop merupakan suara zaman yang menandai kegelisahan dan pencarian. Budaya pop tak hanya soal mengemas ide menjadi lebih populer, tetapi juga sebuah cara sebuah generasi mengidentifikasi diri dan persoalan zamannya,” sambung dia dalam siaran persnya, Kamis, (4/6).

Lakon “Premen Perlente”  berkisah tentang kisah cinta sepasang kekasih, Ucok dan Butet, dengan segala lika likunya. Ucok adalah seorang preman yang sangat mencintai seorang perempuan bernama Butet. Ucok dikenal sebagai penipu ulung.

Tapi dalam soal cinta, Ucok tak pernah berani berbohong. Ada dua hal dalam hidup Ucok yang tak pernah mau dilakukan Ucok, yaitu berbohong pada pacarnya dan pada ibunya.

Lakon ini sendiri turut dimeriahkan oleh penampilan Cak Lontong, Akbar, Marwoto, Mery Sinaga, Louise Sitanggang, Flora Simatupang, Alsant Nababan, Trio GAM (Joned, Wisben & Dibyo Primus), OBAMA (Orang Batak Marlawak), Sigma Dance Theatre Indonesia, Siantar Rap Foundation, dan Vicky Sianipar Ethnic Ensemble. (Ant)

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait