Lawan Hoaks, Kemenkes Keluarkan Jurus 3 S | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto : Istimewa

Lawan Hoaks, Kemenkes Keluarkan Jurus 3 S

Ceknricek.com--Informasi palsu seputar vaksin Covid-19 masih tersebar, Kementerian Kesehatan menyebutkan jurus untuk menangkal hoaks yang beredar di tengah masyarkat.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan drg. Widiyawati, MKM mengatakan, penyebab hoaks seputar vaksin Covid-19 tersebar antara lain rendahnya tingkat literasi dan mudah menyebar informasi tanpa mempertimbangkan kebenaran dan dampaknya.

"Jempolnya ringan ngetik sebelum berfikir," kata Widiyawati, dalam diskusi virutal Melawan Hoaks dan Misinformasi Vaksinasi Covid-19.

Menurut Widiyawati, Kementerian Kesehatan pun telah melakukan kampanye ke masyarakat untuk melawan penyebaran hoaks seputar vaksin Covid-19, yaitu dengan jurus saring sebelum sebar atau 3S.

"Kami selalu bilang bijaklah menyebar informasi, sekali lagi 3S perlu, saring sebelum sebar," tuturnya.

Kementerian Kesehatan pun terus mendorong masyarkat untuk meningkatkan literasinya dan bijak dalam menyebar informasi dengan mencari dulu kebenarannya, jika tidak benar sebaiknya penyebaran informasi tersebut dihentikan.

Widiyawati menambahkan, Kementerian Kesehatan pun telah membukan kanal-kanal informasi, untuk memudahkan masyarkat mendapat informasi dari sumber yang terpercaya.

"Jadi supaya nggak sembarang baca, kalau misalkan mereka baca kemudian ragu bukalah kanal-kanal kementerian kesehatan," ujarnya.


Editor: Ariful Hakim


Berita Terkait