Lazismu Gelar Pameran Fashion Show Ecoprint di Jakarta dan Yogyakarta | Cek&Ricek
Foto: Istimewa

Lazismu Gelar Pameran Fashion Show Ecoprint di Jakarta dan Yogyakarta

Ceknricek.com -- Program pemberdayaan ekonomi Lazismu akan menggelar pameran busana bertajuk Hybrid Fashion Show (HFS) 2021 “Ecoprint Back To Nature”. Acara ini digelar secara daring dan luring di Jakarta dan Yogyakarta.

Pagelaran ini diselenggarakan untuk memperkenalkan karya para ibu rumah tangga binaan Lazismu yang telah dilatih untuk membuat karya busana dari bahan ecoprint.

Gelaran ini didukung Wardah, Unit Pengelola Zakat Permata Bank Syariah, dan lain-lain yang mana pelatihan dilakukan sejak tahun 2020, dan telah diadakan di beberapa kota di Pulau Jawa, Aceh dan Batam.

Ketua Badan Pengurus Lazismu, Hilman Latif, menyebut hasil produksi dari pelatihan tersebut telah diperkenalkan oleh Lazismu melalui berbagai ajang pameran pemberdayaan baik di dalam atau luar negeri.

“Banyak yang berminat dan bahkan ada ekspatriat dari Norwegia yang membeli baju ecoprint. Ibu-ibu juga ada yang membeli jilbab hasil produksi ibu-ibu binaan Lazismu ini,” papar Hilman Latif dalam siaran tertulis Rabu, (5/5/21).

Sementara itu, Direktur Utama Lazismu, Sabeth Abilawa, berharap lewat pemberdayaan ini mereka mampu meningkatkan semangat dan ekonomi peserta di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

“Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam program pemberdayaan perempuan ini. Semoga hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat. Terutama peserta yang didampingi oleh Lazismu,” kata Sabeth.

Penanggung jawab program pelatihan, Pupung Pursita menyampaikan  para peserta saat pelatihan tidak hanya mendapat teknik membuat motif dari bunga dan daun pada kain, namun, juga teknik membuat motif dalam media lain, seperti kulit kambing, mug serta kertas.

"Inovasi dalam pembuatan produk ecoprint senantiasa kami tingkatkan, agar memiliki ciri tersendiri sehingga mampu bersaing dengan produk-produk ecoprint lainnya," jelas Pupung.

Acara pameran busana 'Ecoprint Back To Nature' mulai berlangsung pada 5 Mei 2021 pukul 10.00-11.30 WIB di Plaza UMY Boga (Kampus UMY) Yogakarta.  Sementara itu di Jakarta akan dilaksanakan di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jl. Menteng Raya No. 62 Jakarta Pusat.

Untuk menyaksikan acara ini secara online, masyarakat dapat mendaftar melalui link https://bit.ly/RegistrasiHFS2021. Atau menyaksikan melalui channel YouTube Lazismu Pusat pada Rabu, 5 Mei 2021, pukul 10.00 - 12.00 WIB.

Dalam gelaran busana ini para peserta pameran juga mengusung konsep “Eco-print as an Alternative Sustainable Lifestyle”. Kata kunci sustainable dipilih karena produk-produk ecoprint mendukung semangat sustainability yang kini sedang banyak dikampanyekan.

Baca juga: Gelar Bimtek, Lazismu Akan Sahkan RAPB Nasional Tahun 2021

Baca juga: Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat Hilman Latief: Rakernas Harus Membuat Lazismu Lebih Ramping


Editor: Prasetyo Agung G


Berita Terkait