Lewat Program Asia Cooking Journeys, Natalia Tjahja Bagikan Makanan Bagi Tenaga Medis | Cek&Ricek wardah-colorink-your-day
Foto: Istimewa

Lewat Program Asia Cooking Journeys, Natalia Tjahja Bagikan Makanan Bagi Tenaga Medis

Ceknricek.com -- Pendiri Yayasan Maria Monique Lastwish (YMML), Natalia Tjahja menginisiasi "Asia Cooking Journeys" yakni program donasi yang memberikan bantuan makanan kepada para tenaga medis yang menangani pandemi virus corona baru (COVID-19) di sejumlah negara di Asia.

"Program sudah dimulai sejak 25 April 2020 dan sudah mencakup empat negara yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia dan Singapura," kata Natalia, Rabu (20/5/2020).

Asia Cooking Journeys merupakan bentuk apresiasi kepada para petugas medis yang telah berjuang luar biasa menghadapi COVID-19 lewat menu-menu hidangan spesial yang dimasak oleh para chef dan home cook.

"Setiap Sabtu dan Minggu para chef dan home cook yang bergabung dengan program membuat satu porsi masakan. Masakan itu lalu diantar oleh layanan antaran online, khususnya ojek online," kata Natalia yang menambahkan bahwa program juga diberikan kepada kaum difabel.

Lewat Program Asia Cooking Journeys, Natalia Tjahja Bagikan Makanan Bagi Tenaga Medis
Sumber: Istimewa

Khusus di Indonesia, di luar para home cook, setidaknya sudah ada 20 chef dari berbagai restoran kenamaan yang menyalurkan makanan kreasi mereka kepada delapan rumah sakit di seluruh Indonesia.  Sejumlah chef yang bergabung dari Indonesia di antaranya adalah Chef Horison Ultima Bandung, Chef Devina Hermawan, Chef Silk Hotel, Chef Food Opera, hingga Chef Cungo Express.

Baca juga: Misi Mulia Uci Flowdea untuk Korban Terdampak Covid-19 di Surabaya

Para tenaga medis mengaku sangat terbantu dengan program tersebut. Mendapatkan hidangan dari chef setiap akhir pekan dari program Asia Cooking Journeys disebut menjadi sebuah "hiburan" bagi para dokter, perawat dan staf lainnya yang menangani langsung pasien yang sangat terkuras fisik dan emosionalnya.

Lewat Program Asia Cooking Journeys, Natalia Tjahja Bagikan Makanan Bagi Tenaga Medis
dr.Ahimsa Martawiguna

"Dalam menghadapi pandemi COVID-19 saat ini, dukungan moral sangat kami butuhkan sebagai tenaga medis dan Asian Cooking Journeys ini membuat saya sangat dihargai karena kami sudah tidak memikirkan lagi mau makan apa, tapi yang penting makan. Semangat saya bertambah pasca dapat makanan enak favorit dari Chef,"  kata dr Jeshika Febi Kusumawati, tenaga medis di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Program diapresiasi banyak pihak termasuk putri sulung Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Siti Ma'rifah. Menurut Siti Ma'rifah program Asia Cooking Journeys adalah program untuk saling memberikan dukungan bagi tenaga medis dan difabel. Hal ini merupakan satu bentuk kepedulian.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini



Berita Terkait